10 Hewan yang Pasti Masuk Surga dalam Islam

10 Hewan yang Pasti Masuk Surga dalam Islam

Seberapa beruntungnya kita diciptakan sebagai manusia oleh Allah SWT di muka bumi ini, karena kita adalah makhluk yang memiliki kesempatan untuk masuk ke dalam surga yang tentu saja didasari dengan sebuah pertimbangan atas amal dan perbuatan yang kita lakukan selama hidup di muka bumi ini.

Namun dalam ajaran islam, tidak hanya manusia saja yang dapat masuk ke dalam surga, ada beberapa hewan juga yang nantinya akan ikut merasakan kenikmatan alam surga oleh Allah SWT. Berikut 10 hewan yang pasti masuk surga dalam islam.

  1. Ikan yang menelan Nabi Yunus

Dalam sebuah kisah, Nabi Yunus di utus oleh Allah SWT untuk menyebarkan ajaran Allah SWT, kepada sekelompok orang yang disebut sebagai kaum Ninawa. Dikarenakan Nabi Yunus adalah seorang pendatang maka orang atau kelompok tersebut tidak begitu percaya dengan apa yang dikatakan dan diajarkan oleh Nabi Yunus.

Nabi yang tadinya telah putus asa, pergi dan mengembara dan ikut naik ke sebuah kapal yang penuh dengan muatan. Di tengah perjalanannya terjadilah sbeuah badai laut yang dimana para penumpang kapal harus membuang muatannya satu per satu agar kapal dapat dikendalikan. Tidak hanya membuang muatannya saja, orang orang yang menaiki kapal juga harus dibuang ke laut satu persatau dan ketika diundi nama dari Nabi Yunus adalah yang pertama keluar sehingga saat itu juga ia melompat ke laut.

Dan secara seketika Nabi Yunus langsung ditelan oleh seekor ikan yang berukuran besar dan bertahan di dalamnya kurang lebih selama 40 hari. Nabi Yunus yang berada di dalam perut ikan tersbeut terus berdoa dan memohon ampun karena ia merasa bersalah atas hal yang dilakukannya karena telah meninggalkan para kaumnya begitu saja.

Naun ketika Nabi Yunus telah berhasil keluar dari perut ikan maa ia lekas kembai ke para kaumnyam, namun saat itu Nabi Yunus merasa terkejut karena Kaum Ninawa telah beriman kepada Allah SWT lantaran merka tersadar bahwa apa yang dikatakan oleh Nabi Yunus semuanya benar.

Ikan besar dalam kisah inilah yang menjadi salah satu hewan yang nantinya akan merasakan nikmatnya surga.

  1. Kambing yang menggantikan Nabi Ismail

Dalam sebuah kisah perjalanan Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya sendiri oleh Allah SWT. Singkat cerita, ketika Nabi Ibrahim menyembelih anaknya yang bernama Ismail, maka dengan seketika Allah SWT menggantikan anaknya dengan seekor kambing besar, dan kambing inilah yang nantinya juga termasuk ke dalam daftar hewan yang akan masuk surga.

  1. Unta betina yang dihidupkan oleh Nabi Saleh

Proses penyebaran ajaran agama islam memang tidak pernah mudah, seperti halnya yang dilakukan oleh Nabi Saleh yang diutus untuk menyadarkan para kaum Tsamud yang ingkar dan menyembah berhala (patung).

Nabi Saleh dianggap sebagai orang gila yang ketika menjelaskan kekuasaan Allah SWT. Tidak hanya itu, mereka juga meminta kepada Nabi Saleh untuk mengeluarkan unta betina dari sebuah batu untuk menujjukan bahwa Nabi Saleh adalah orang yang benar benar utusan dari Allah SWT. Berkat izin dari Allah SWT, unta yang tengah hamil tersebut berhasil dikeluarkan dari bongkahan batu, namun sayangnya mereka ingkar dan tetap tidak mau menyembah Allah SWT dan bahkan mereka telah membunuh unta serta anak yang dikandungnya. 

Dari hal tersebut, kaum Tsamud diberi azab hujan batu sementara hewan unta yang tadinya dibunuh mendapatkan jamin surga.

  1. Anjing Ashabul Kahfi

Hewan selanjutnya yang akan dijaminkan surge adalah Anjing dalam kisah Ashabul Kahfi. Sepenggal kisah tersebut berasal dari kisah perjalanan seorang anak muda yang berjumlah 7 orang beserta dengan hewan anjing yang bersembunyi di dalam sebuah gua untuk menghindari masa kepemimpinan seorang raja yang menyembah hal lain selain Allah SWT.

  1. Semut yang membantu Nabi Sulaiman

Pada kisah perjalanan Nabi Sulaiman, ia pernah melakukan sebuah perjalanan yang melewati sebuah lembah yang dimana di tengah perjalanannya Nabi Sulaiman bertemu dengan raja semut yang memerintahkan para kawanannya untuk sesegera mungkin untuk masuk ke sarangnya. Raja semut tersebut memerintahkan kawanannya untuk masuk bukan karena takut terinjak melainkan Ia takut semut-semut takjub melihat kemegahan pasukan Sulaiman dan melupakan kekuasaan Allah SWT.

  1. Burung hud-hud dalam kisah Nabi Sulaiman

Burung Hud HUd adalah hewan keenam yang akan merasakan nikmatnya surga, burung hud hud ini adalah utusan dari Nabi Sulaiman yang diperintahkan untuk mengundang Ratu Balqis.

  1. Keledai Nabi Uzair

Hewan ketujuh yang akan masuk surge adalah hewan Keledai dalam kisah perjalanan Nabi Uzair.

  1. Sapi betina dalam kisah Nabi Musa

Sapi betina dalam kisah Nabi Musa juga telah dijanjikan masuk surga lantaran sapi betina tersbeut disembelih Nabi Musa untuk mebangkitkan jasad seorang laki laki.

  1. Anak sapi yang dihidangkan oleh Nabi Ibrahim

Hewan selanjutnya yang akan merasakan nikmat surge adakah sai yang dihidangkan oleh Nabi Ibrahim yang dipersembahkan kepada para tamu yang datang ke kediaman Nabi Ibrahim.

  1. Buraq

Hewan terakhir yang akan merasakan kenikmatan surga adalah hewan Buraq yang merupakan hewan yang ditunggangi oleh Nabi Muhammad SAW dalam perjalanannya dari Masjid Al-Haram di Mekah hingga ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Leave a Comment