10 Manfaat Makan Kurma saat Buka Puasa

Saat berbuka puasa  disunnahkan memakan kurma tiga butir  kurma dan minum segelas air putih. Hal seperti ini telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.

Buah kurma merupakan makanan yang wajib disaat bulan suci ramadhan dan menjadi menu wajib di setiap rumah orang muslim untuk berbuka puasa, karena kita sebagai seorang muslim ingin selalu mencontoh Rasul kita nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam.  dan berharap nantinya mendapatkan syafaat beliau.

Kurma mempunyai manfaat sebagai sumber energi, terutama bagi seseorang yang lagi menjalani proses penyembuhan. Tetapi yang sebenarnya , terdapat beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan dari buah kurma . Berikut manfaat yang bisa dirasakan dari buah kurma.

  1.   Mencukupi kebutuhan Gizi dan Kalori pada Tubuh.

Kondisi kurma yang sering dikeringkan  membuat kadar kalori yang terkandung di dalam buah kurma menjadi tinggi bila dibandingkan  buah lainnya. Buah kurma mirip juga dengan kismis dan buah ara. Kalori buah kurma  sebagian besar datangnya dari karbohidrat, terus sisanya dari protein.walaupun tinggi kalori,buah kurma juga mengandung Vitamin dan mineral yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh.

  1.   Melancarkan Sistem Pencernaan Pada Tubuh.

 Melancarkan sistem pencernaan pada tubuh merupakan salah satu manfaat dari buah kurma. Di dalam buah kurma terdapat serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons. Bisa juga kalian memasukkan buah kurma sebagai menu diet harian.kandungan serat dari buah kurma bisa mencegah konstipasi dan membuat gerakan usus besar bisa lebih teratur, yang lebih khusus dalam membentuk feses.

  1.   Bisa mencegah Penyakit Kronis.

Buah kurma juga memiliki manfaat jika dikonsumsi secara teratur ,  yaitu bisa  terhindar dari berbagai penyakit kronis, yaitu penyakit jantung, kanker, diabetes, sampai dengan penyakit Alzheimer.  Dikarenakan buah kurma memiliki kadar antioksidan yang tinggi.

  1.   Bisa Melancarkan Proses persalinan Normal

Dalam manfaat buah kurma yang saat ini akan kita bahas adalah bisa melancarkan proses persalinan normal, manfaat  ini tentunya yang paling diminati oleh wanita atau ibu hamil. Di waktu yang lagi beberapa minggu sebelum melahirkan, kalian para ibu hamil bisa mulai mengkonsumsi buah kurma setiap hari, yang dimana nantinya bisa membantu melancarkan persalinan dengan normal. Efek yang dihasilkan dengan mengkonsumsi buah kurma setiap hari  adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu di lakukan lagi.

 

  1.   Bisa menstabilkan gula darah

 Buah kurma memiliki rasa yang manis , maka dari itu buah kurma bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir atau gula putih.  Buah kuma juga memiliki kaya akan nutrisi,serat dan antioksidan. Walaupun hal ini perlu penelitian lebih lanjut, buah kurma di masyarakat dipercaya bisa untuk memperbaiki kesehatan tulang dan membantu mengatur gula darah.

  1.   Sebagai Menu tambahan dalam diet.

Kalau kalian saat ini sedang menjalani program diet, buah kurma bisa kalian masukan sebagai tambahan menu diet kalian , buah kurma bisa kalian kombinasikan dengan makanan sehat yang biasa kalian konsumsi  seperti kacang almond, keju,smoothies, oatmeal, sampai ke dalam adonan biskuit .

  1.   Mengganti Elektrolit pada tubuh yang hilang

Buah kurma memiliki kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang memang dibutuhkan oleh tubuh, buah kurma juga memiliki manfaat untuk menguatkan tubuh yang juga sekaligus membangun otot dalam tubuh.

  1.   Bisa melindungi tubuh dari Peradangan

Buah kurma memiliki kandungan antioksidan yang lebih cukup yaitu dari polifenol   kandungan tersebut bisa membuat tubuh kalian terlindungi dari berbagai macam jenis radang.

  1.   Bisa Menambah atau meningkatkan kesuburan

Kandungan buah kurma juga terdapat kandungan asam amino dan seng, maka dari itu buah kurma bisa menambah atau meningkatkan kesuburan pada pasangan suami istri. Di negara timur tengah, serbuk kurma  telah dijadikan obat sebagai untuk mengatasi masalah ketidaksuburan. Biji dan serbuk sari kurma  mempunyai senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

  1.   Bisa Mencegah anemia

Buah kurma juga bisa mencegah kelelahan dan wajah  pucat yang disebabkan karena anemia dengan mengkonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari. Kandungan zat besi yang dihasilkan dari buah kurma bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

Begitulah 10 Manfaat makan Kurma saat buka puasa, semoga bermanfaat

Leave a Comment