10 Tips Jadi Muslimah Produktif

10 Tips Jadi Muslimah Produktif, Jika anda bertanya bagaimana cara menjadi seorang muslimah yang produktif, maka saat ini anda telah berada di tempat yang tepat, sebab pada artikel kali ini, kami akan berbagi 10 tips menjadi muslimah yang produktif.

Jadi Muslimah Produktif

Setidaknya ada 10 langkah menjadi seorang muslimah yang produktif dan berikut beberapa diantaranya.

1. Milikilah niat yang tulus

Untuk menjadi seorang muslimah yang produktif, ada harus memiliki niat yang tulus dan bekerja keras. Ini merupakan motto kehidupan seorang muslimah yang produktif. Dengan diawali niat yang tulus dalam setiap tindakan, baik sebagai seorang pekerja profesional dengan berusaha bekerja dengan niat yang baik untuk membawa perbedaan positif atau pun sebagai istri atau ibu yang sibuk mengawasi keluarga, kita dapat memperoleh manfaat dan berkah dalam tindakan kita yang dimulai dengan niat yang tulus selalu!

2. Jadilah proaktif

Untuk menjadi produktif tentu kita harus proaktif. Ini bukan berarti menjadi orang yang produktif anda harus sibuk. Pada kenyataannya, orang orang yang sibuk mungkin justru tidak produktif. Apabila anda memfokuskan diri untuk menjadi aktif, tentunya energi dalam tubuh akan mendukung segala aktivitas yang akan anda jalankan.

3. Carilah pengetahuan

Sering disebutkan bahwa mendidik seorang pria sama halnya dengan mendidik suatu individu, namun mendidik seorang perempuan sama halnya dengan mendidik satu bangsa. Ini menandakan bahwa anda saudari muslimah harus terus mencari pengetahuan.

4. Rencanakanlah waktu Anda secara efektif

Rahasia untuk menjadi seorang yang produktif adalah terletak pada manajemen waktu. Maka dari itu, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Atur waktu anda dalam merencanakan suatu kegiatan atau hal yang akan anda lakukan di waktu mendatang.

5. Merefleksikan diri

Sebagai seorang Muslimah proaktif, bisa begitu sulit untuk menilai seberapa efektif Anda menggunakan waktu dan mampu memenuhi semua peran Anda. Dengan pemikiran ini, sebaiknya Anda secara teratur meluangkan waktu untuk refleksi diri, mungkin pada penghujung hari Anda bisa menjurnal apa yang berjalan dengan baik di hari Anda dan juga bersikap kritis terhadap bagaimana Anda bisa menggunakan waktu Anda dengan lebih baik untuk hari berikutnya. 

6. Fokuslah pada kualitas daripada kuantitas

Ada sebuah hadis yang mengungkapkan untuk kita bahwa sebagai umat Islam, untuk terus berusaha untuk menyempurnakan apapun yang menjadi tugas yang telah dimulainya. Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Allah menyukai ketika engkau melakukan sesuatu, engkau melakukannya dengan baik.’ [HR Muslim]. 

7. Lakukan yang terbaik

Menjadi yang terbaik dalam kehidupan telah dicontohkan oleh para istri Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam, seperti halnya yang telah dicontohkan oleh  Khadijah radhiallahu anha yang merupakan seorang wanita pebisnis yang sukses. Sebagai seorang istri atau ibu, Anda dapat fokus pada mendukung suami Anda dan bahwa tindakan kecil saja bisa menjadi salah satu cara Anda menjadi seorang istri yang produktif. 

8. Manfaatkan wawasan

Hidup di tengah zaman yang telah modern seperti saat ini, berbagai aktifitas kita sudah dilengkapi dengan banyak teknologi modern berbasis online. Anda dapat menggunakan alat-alat online untuk membantu mengatur waktu Anda, seperti yang ada di bagian Resource kami, untuk mengembangkan pengetahuan Anda dan belajar banyak keterampilan baru secara online dengan kursus yang akan membuat Anda lebih berwawasan. Gunakan sumber daya ini untuk menjalani kehidupan yang lebih produktif.

9. Berusahalah untuk bermanfaat bagi orang lain

Sebagian besar muslimah yang produktif baik dari sejarah hingga sampai saat ini, mereka adalah orang orang yang telah paham tentang hadits, di mana Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Yang terbaik dianara kalian adalah mereka yang bermanfaat bagi umat.’ [HR Bukhari]. 

10. Bertawakallah pada Allah

Segala sesuatu yang dapat kita capai di dunia ini semata dari Allah SWT. Maka dari untuk mencapai suatu hal jangan lupa untuk bertakwa dan beribadah sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT dalam firmannya “ Dan bertawakallah kamu hanya kepada Allah, jika kamu orang-orang beriman. [QS. 5:23]. 

Leave a Comment