10 Tips Olahan Daging Kurban yang Lezat dan Sehat

10 Tips Olahan Daging Kurban yang Lezat dan Sehat, Perayaan idul adha biasanya diiringi dengan hidangan serba daging seperti daging sapi atau daging kambing.

Menurut pendapat salah satu chef ternama, ada 10 tips dalam mengolah daging Qurban agar lezat dan sehat. Apa saja tips tersebut.? berikut penjelasannya.

  1. Segera Olah Daging Selagi Masih Segar

Untuk menjaga tingkat kehigienisan dari daging sapi sebaiknya segera diolah atau dimasak. Jangan membiarkan daging terlalu lama daging segar dalam suhu ruangan sebab nanti jadi tidak higienis. 

  1. Jangan Dimasukkan ke Freezer

Jangan memasukan daging segar ke dalam freezer, sebab hal tersebut dapat membuat daging segar kehilangan sari dagingnya yang gurih sehingga akan mempengaruhi rasa dari daging itu sendiri.

  1. Olah Menjadi Terik Daging Sapi agar Lebih Praktis

Untuk anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak daging, anda bisa membuat olahan cepat seperti terik sapi yang proses memasaknya tidak selama daging rendang. 

  1. Ogah Ribet Masak Sate, Olah Menjadi Steak Maranggi                                          

Kepengen makan sate tapi ogah ribet.? Olah saja menjadi sate maranggi tanpa tusukan bisa dianggap sebagai steak maranggi.

  1. Pilih Tongseng atau Krengsengan untuk Olahan Kambing Praktis

Jika Anda menginginkan olahan daging kambing yang sederhana dan tidak terlalu ribet, coba olah daging kambing kurban menjadi tongseng. 

  1. Hilangkan Prengus Daging Kambing dengan Perasan Jeruk

Daging kambing kurban biasanya mengeluarkan aroma prengus yang bisa mempengaruhi rasa masakan. Anda bisa menyamarkan bau ini dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melumuri air perasan jeruk nipis atau lemon.

  1. Masak Daging Kambing dengan Rempah Beraroma Kuat

Untuk menambah aroma olahan lebih nyaman dan nikmat, anda bisa memanfaatkan rempah sebagai bumbu dalam memasak olahan daging. Selain dapat memberikan aroma yang kuat, daging yang diolah menggunakan bahan rempah juga memiliki ciri khas rasa yang nikmat.

  1. Lengkapi dengan Olahan Sayur sebagai Penyeimbang

Agar asupan gizi setelah Idul Adha tetap seimbang, pastikan juga anda mengkonsumsi sayur sebagai sumber dari vitamin dan serat.

  1. Jangan Lupakan Buah-Buahan

Anda juga bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah setelah menyantap daging kambing dengan konsumsi buah-buahan. Terutama buah-buahan yang bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol seperti apel, belimbing, pepaya, jambu biji, atau jeruk.

  1. Hindari Makan Berlebihan

Bagi penderita kolesterol atau hipertensi, makanlah secukupnya. Perhatikan juga proses serta durasi memasak daging agar kandungan protein dan vitamin pada daging tidak hilang .

Leave a Comment