3 Syarat Hewan Kurban yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Umat muslim yang akan melakukan ibadah qurban. Disaat membeli hewan qurban  diharuskan  dengan hewan yang terbaik dalam memilihkan dikarenakan berkurban adalah ibadah yang akan di persembahkan di hadapan Allah Subhanahu wata’ala. yang dimana  sebagai tabungan  kita  untuk  kendaraan di akhirat setelah kita meninggal dunia nanti. Adapun  3 syarat  Hewan kurban yang wajib diketahui umat muslim  dan juga ketentuan yang wajib dipenuhi. Yaitu:

  1.       Hewan Tidak dalam Kondisi CACAT

Hewan yang nantinya akan dipergunakan untuk qurban, tidak diperbolehkan dalam kondisi Cacat ( HUkumnya Makruh). Dan cacat yang tersebut seperti: Buta, telinga Terpotong, ekor putus, kaki pincang,Tanduk Patah,

  1.       Milik Sendiri Bukan milik orang lain

Yang dimaksud milik sendiri , adalah ketika hewan yang akan dikurbankan sudah menjadi hak milik kita entah kita memiliki nya dengan cara membeli ataupun dengan cara yang diperoleh dengan halal yang lainnya.

  1.       Hewan  yang dikurbankan adalah Hewan ternak

Hewan ternak yang di maksud adalah   kambing, biri-biri,sapi, kerbau, dan juga unta. Dimana jenis hewan ternak yang lainnya seperti bebek ,ayam burung dan hewan yang yang sejenisnya bukan termasuk hewan qurban karena tidak ada syariatnya.

Jika syarat –syarat yang sudah disebutkan diatas terpenuhi  semua , maka hewan qurban tersebut sudah bisa disembelih.  Dan hasil dari sembelihan tersebut akan di sedekahkan  kepada masyarakat . terutama yang berada di area terdekat tempat penyembelihan.

Untuk menjalankan ibadah qurban adapun hewan qurban yang paling utama  yaitu seperti  hewan unta setelah itu Sapi, domba, dan yang terakhir kambing . dan yang memiliki keutamaan yang baik untuk berqurban adalah yang memenuhi sifat dan cantiknya  terkhusus binatang ternak. Diantaranya adalah Gemuk, Dagingnya Banyak, fisik yang bagus, dan yang terakhir harganya mahal.

Menjalankan ibadah Kurban merupakan suatu ibadah yang dimana akan selalu ada manfaat untuk kalangan masyarakat luas.  Dengan adanya qurban,

  •         kita bisa meningkatkan sikap Solidaritas.
  •         Rezeki yang kita peroleh insya allah akan menjadi berkah.
  •         Sebagai bekal di waktu kita meninggal nanti di akhirat.

·         Dengan berkurban insya allah kita bisa menghindari diri kita dari sifat tamak

Leave a Comment