5 Manfaat Kurban, Salah Satunya Menghapus Dosa

Ibadah hari raya idul adha merupakan hari raya yang ditunggu tunggu oleh para umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. dalam merayakan hari raya idul adha, selepas dari shalat ied umat muslim biasanya akan mengadakan acara qurban yang dimana qurban merupakan sebuah proses penyembelihan hewan hewan ternak seperti sapi, kambing, domba dan lain sebagainya. Daging dari hewan ternak yang disembelih akan dibagian kepada orang orang yang berhak menerimanya.

Salah satu manfaat dari merayakan hari qurban adalah mempererat tali kasih antar sesama umat beragama dan selain dari itu ada juga manfaat manfaat lain dari merayakan ibadah qurban yang antara lainnya sebagai berikut.

  1. Menghapus Dosa

Menurut HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban, tetesan darah hewan yang dikurbankan merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berkurban pada masa lalu. “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

  1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Pada dasarnya qurban adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa arab yaitu Qurb atau Qurban yang berarti ‘dekat’. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuhan alif dan nun bermakna ‘kesempurnaan’. Sehingga dapat diartikan bahwa qurban merupakan sebuah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan sempurna.

  1. Sebagai Bentuk Syukur

Melakukan ibadah qurban juga merupakan bentuk syukur kita dari segala rezeki yang telah dititipkan oleh Allah SWT. Di dalam ajaran agama islam, kita juga dianjurkan untuk saling membantu dan berbagi antara sesama bagi yang membutuhkan. 

  1. Ketaatan Terhadap Allah SWT

Jika kita kembali mengingat masa pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang dimana beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih anak kesayanagannya yaitu Ismail. Sebagai umat yang taat, Nabi Ibrahim AS melaksanakan apa yang telah diperintahkan nya. Dari hal tersebut kita dapat belajar bahwa segala sesuatu yang menjadi perintah dari Allah harus ditaati.

  1. Mensucikan Diri dan Harta Benda

Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Qurban tidak hanya sebagai momen berbagi namun juga sebagai bentuk mensucikan diri dan harta benda.

Itulah beberapa manfaat dari melakukan ibadah qurban dan semoga segala amal ibadah yang telah kita lakukan dapat diterima di sisinya, Amin.

Leave a Comment