5 Tips Tetap Sehat Saat Puasa Agar Kuat seharian

5 Tips tetap sehat  saat Puasa Agar Kuat seharian Sekarang ini bulan ramadhan sudah memasuki hari ke sembilan , dan biasanya di pertengahan bulan sampai akhir kita akan mendapat ujian yang lebih berat lagi dan juga badan akan selalu merasa lemas dan biasanya lagi kita ingin sekali cepat-cepat menyelesaikan bulan ramadhan ini . dan meraih kemenangan di hari raya idul fitri.

Di bulan yang penuh berkah ini seluruh dunia umat yang beragama islam  menjalankan ibadah puasa  . dan pola hidup selama bulan suci ini akan berubah , mulai dari pola tidur, pola makan, dan juga  aktivitas sehari-hari  selama puasa  ada yang dirumah saja dan ada yang tetap melakukan aktivitasnya  seperti biasa.

Supaya badan kita tetap sehat   saat menjalankan ibadah puasa dan kuat seharian ,  terdapat beberapa tips  yang bisa kita lakukan .  berikut % tips tetap sehat saat puasa agar kuat seharian.

  1.       Minum Air pUtih Yang cukup

Tips yang pertama ini , jangan pernah dilupakan untuk minum air putih yang cukup yaitu dengan minimal 8 gelas sehari. Kita bisa memakai gelas yang bisa kita pakai yang umumnya gelas itu dinamakan gelas belimbing . dalam satu gelas belimbing air nya 220 sampai 250 ML . jadi jika kita bisa minum 8 gelas sehari setelah buka puasa . maka tubuh kita yang sebagian besar adalah terdiri dari air dan akan lebih rentan mengalami dehidrasi saat berpuasa.

Disaat kita mengalami dehidrasi maka akan berdampak  pad tubuh kita yaitu mulut kering, kelelahan, haus, dan sakit kepala. Maka dari itu kita pastikan selalu tetap minum  air putih dengan cukup  disaat melaksanakan berbuka puasa sampai sahur.  

Untuk minum air 8 gelas semua ada aturannya , dan tidak semata-mata minum langsung 8 gelas. Tetapi kita bisa mengaturnya :

          Dua gelas saat berbuka

          Dua gelas selesai sholat tarawih

          Dua gelas sebelum tidur

          Dua gelas setelah sahur.

Dengan rutin mengikuti aturan diatas maka cairan di tubuh akan terpenuhi dna kita tidak terdehidrasi.

  1.       Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat

Supaya selalu sehat dan kuat bertenaga selama puasa, dianjurkan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan juga tinggi dengan protein. Karena dengan mengkonsumsi makanan ini bisa membantu mengurangi rasa lapar dan juga mengimbangi beberapa efek samping saat berpuasa contohnya pusing ,lemas dan lainnya.

  1.       Jangan makan terlalu banyak saat buka puasa

Tips yang ketiga  jangan berbuka dengan makan yang terlalu banyak , karena bisa membuat kita merasa mual , kembung dan juga lelah.  Dan kalau bisa  disaat berbuka puasa makanlah dengan yang ringan –ringan, seperti air putih, kurma dan makanan lainnya, setlah itu baru bisa kita lanjut makan besar selesai sholat.

  1.       Olahraga dengan rutin

walaupun kita sedang berpuasa, janganlah kita lupa dengan olahraga . tetap rutin berolahraga disaat puasa bisa membuat tubuh kita tetap segar dan sehat. Khusus di bulan puasa, kita bisa melakukan olahraga dengan yang ringan –ringan saja seperti jalan kaki, yoga ringan, bersepeda santai . dan untuk waktunya  sebaiknya berolahraga dilakukan menjelang waktu berbuka puasa supaya tubuh tidak lelah.

  1.       Mengkonsumsi vitamin tambahan  (suplemen)

Tips yang kelima. Selalu mengkonsumsi suplemen seperti vitamin dan lainnya. Yang  bermanfaat untuk tubuh disaat puasa yang bisa membuat kehilangan nutri penting.

Diketahui selama berpuasa seseorang hanya mengkonsumsi lebih sedikit kalori sehingga kebutuhan nutrisi sulit terpenuhi.

Begitulah 5 tips tetap sehat puasa Agar kuat seharian

Leave a Comment