6 Potret Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara

6 Potret Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Negara, Hari raya Idul Adha atau yang biasa disebut dengan hari raya Haji merupakan salah satu hari raya besar bagi umat muslim di seluruh dunia. Perayaan Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam penanggalan Islam. Perayaan Idul Adha sendiri di memiliki sejarah yang cukup panjang. Perayaan Idul Adha atau hari raya Qurban diangkat dari kisah nabi Ibrahim dengan anaknya Ismail.

Pada saat itu, Nabi Ibrahim diuji ketaatan dan kepatuhannya terhadap Allah SWT melalui perintah untuk menyembelih anaknya. Berkat ketaatan dan kepatuhan Nabi Ibrahim kepada Allah SWT, nabi Ibrahim tentu mematuhinya. Dan dari situlah awal kisah dari Idul Adha atau Hari Raya Qurban

Sebagai hari raya yang besar, perayaan Idul Adha juga tidak luput dari kemeriahan. Di indonesia memiliki berbagai tradisi yang dilakukan saat merayakan Idul Adha dengan berbagai cara. Tradisi yang dilakukan tentu tidak hanya berlaku di Indonesia saja, sebab beberapa negara juga memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan Idul Adha. Berikut ini ada beberapa tradisi yang kerap kali dilakukan di beberapa negara.

Tradisi Perayaan Idul Adha di Berbagai Negara

Ada berbagai cara yang dilakukan untuk memeriahkan perayaan Idul Adha dan berikut ini beberapa tradisi yang kerap kali dilakukan setiap kali merayakan Idul Adha.

1. Indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki beraneka ragam adat dan budaya yang dirayakan ketika perayaan Idul Adha. Selain menyembelih hewan Qurban, di indonesia memiliki cara unik untuk merayakan hari raya Qurban salah satunya seperti tradisi Apitan di Jawa Tengah, Manten Sapi di Pasuruan, Mepe Kasur (menjemur kasur) di Banyuwangi, Grebeg Gunungan di Yogyakarta, dan Abda’u di Tulehu, Maluku Tengah.

Tradisi yang dilakukan di berbagai daerah di Indonesia ini sebagian besar memiliki tujuan yang sama. Tradisi unik tersebut merupakan cara masyarakat setempat menghormati datangnya bulan Dzulhijjah. Masyarakat juga percaya bahwa tradisi unik tersebut menjadi cara untuk menolak bala dan mendatangkan rezeki.

2. Cina

Meski Cina bukan negara Muslim, namun umat Islam di Cina tidak kalah meriah ketika merayakan hari Raya Idul Adha. Di negeri Tiongkik, Umat muslim akan merayakan hari raya Qurban selama 4 Hari. Selama 3mpat hari tersbeut, mereka akan melakukan benrbagai malan seperti tadarus Alquran, melantunkan puji-pujian, berkumpul dengan muslim yang lain, bertukar bingkisan dan memasak hidangan untuk berbuka puasa arafah yang dimakan bersama-sama.

3. Pakistan

Sama halnya dengan Cita, Umat muslim yang berada di pakistan juga akan merayakan Idul Adha selama empat Hari. Dalam perayaan Idul Adha, Toko-toko di Pakistan disarankan untuk tutup karena selama empat hari itu orang-orang di Pakistan menghabiskan waktu untuk berdoa dan menyembelih hewan kurban.

Sama halnya dengan di Indonesia, daging hewan Qurban juga akan dibagikan untuk saudara dan orang orang yang membutuhkannya. Perayaan Idul Adha juga diramaikan dengan kumpul keluarga untuk saling berbagi makanan dan bertukar hadiah. Tradisi uniknya, di pakistan biasanya hewan Qurban yang akan disembelih, sebelumnya akan dimandikan terlebih dahulu dan kemudian akan diberikan hiasan bunga.

4. Arab Saudi

Jika di indonesia, daging hewan Qurban akan dibagikan kepada orang orang terdekat, namun berbeda dengan negara arab yang dimana daging dari hewan Qurban akan dibagikan ke negara negara lain seperti Afrika, Asia Tengah, Asia Selatan. Di Arab Saudi, hewan yang biasa dikurbankan juga bukan sapi atau kambing, melainkan unta.

5. Singapura

Masyarakat muslim yang berada di singapura akan merayakan hari raya idul adha dengan mengadakan bazar. Bazar ini bertempat di Kampong Gelam dan Geylang Serai. Di sana, masyarakat bisa membeli bumbu dapur dengan harga murah untuk memasak daging kurban.

6. Bangladesh

Di indonesia, libur mudi biasanya dilakukan saat perayaan idul fitri, namun di bangladesh, libur mudik justru dirayakan ketika perayaan Idul Adha. Semua terminal dan stasiun dipenuhi oleh pemudik yang akan pulang ke kampung halaman.

Nah itulah beberapa tradisi yang kerap kali dilakukan di sejumlah negara dalam rangka perayaan Idul Adha.

Leave a Comment