7 Cara Berbuka Puasa Yang Benar Dan Sehat

7 cara Berbuka puasa yang Benar dan Sehat. Umat muslim setelah seharian menjalankan puasa menahan haus dan lapar , waktu berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. masyarakat indonesia  merupakan negara muslim terbesar di dunia dan masih banyak masyarakat di indonesia belum mengetahui cara berbuka puasa yang benar.

Perlunya kita mengetahui kalau kita berbuka puasa yang sehat dan benar bisa membantu kita dalam pemulihan stamina tubuh yang dimana sekaligus bisa mencegah gangguan kesehatan kebiasaan kebiasaan orang terdahulu.

Dalam puasa ramadhan waktu makan berubah menjadi malam hari saja. oleh karena itu  perlunya kita  memakan makanan berbuka puasa yang sehat supaya terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Agar puasa dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk kesehatan .  Berikut cara berbuka puasa yang benar dan sehat

  1.       Bersegera  berbuka

Ketika waktu berbuka telah tiba, orang yang berpuasa diwajibkan untuk segera berbuka. Rasulullah SAW bersabda: “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari no.1957 – Muslim no.1098).

Tubuh memerlukan asupan  makanan untuk mengembalikan energi dan melepas dahaga. Maka disaat setelah seharian kita menahan haus dan lapar, maka kita tidak boleh menunda-nunda untuk membatalkannya.

  1.       Minum Air Putih Yang cukup

Saat berbuka puasa yang sehat kita bisa melakukannya dengan minum air putih  yang cukup. Tubuh kita setiap harinya  membutuhkan cairan yang cukup , agar tubuh kita bisa terjaga dan organ organ tubuh kita bisa berfungsi dengan baik dan tetap terjaga kesehatannya . dan untuk mencukupi cairan tubuh kita perlu minum air 2 liter (8-10 gelas) dalam seharinya.

Adapun tips berbuka puasa supaya cairan tubuh terpenuhi adalah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, yaitu sup atau buah buahan yang memiliki kandungan air (semangka,melon atau blewah). Kebutuhan cairan pada tubuh perlu dipenuhi secara berkala  dari berbuka sampai sahur.

  1.       Tidak makan  berlebihan

Disaat berbuka puasa kebanyakan kita makannya langsung banyak ,  saat berbuka menjadi  ajang balas dendam dengan memakan segala makanan sekaligus.  Padahal  untuk berbuka puasa yang benar  adalah dengan tidak makan yang berlebihan.

Pencernaan akan terganggu disaat perut dalam kondisi lagi kosong dan  saat berbuka puasa kita langsung melahap terlalu banyak makanan. Selain pencernaan terganggu , terlalu banyak makan  saat berbuka  bisa jadi kadar gula serta tekanan darah akan melonjak.  Maka dari itu kita bisa membagi waktu makan menjadi dua sesi.

Agar buka puasa kita menjadi sehat , kita bisa melakukannya dengan memberikan space waktu  sekitar 20 menit diantara dua sesi makan. Saat berbuka puasa kita bisa walau dengan makan buah atau sup. Setelah itu kita bisa tinggal dahulu untuk melaksanakan  ibadah  sholat magrib sebelum memakan hidangan  utama.

  1.       Konsumsi takjil yang sehat

Di bulan puasa kita akan selalu dengar yang namanya menu takjil  untuk berbuka puasa kita juga perlu memilih menu takjil yang sehat.  Saat berbuka kita diperlukan makan yang pertama kali yang mengandung banyak air, lemak yang rendah, dan mengandung gula alami.

Jenis menu takjil yang sehat  adalah, air putih, kurma,jus buah, kolak pisang 9tanpa santan), sayur soap dan yang lain-;lain yang mengandung banyak air.

  1.       Makan nasi dengan Lauk yang bergizi

+sesuai penjelasan di atas kalau cara berbuka puasa yang sehat dan benar dapat kita bagi menjadi beberapa sesi  yaitu setelah jeda 20 menit dari menu pembuka .  kita bisa memulai memakan makanan utama yang makanan tersebut memiliki menu yang lebih lengkap.

Contoh menu buka puasa sehat :  kita bisa mengkonsumsi nasi dengan lauk berupa ikan goreng tumis  tauge dan kacang panjang, jangan lupa juga untuk makan buah-buahan.

  1.       Hindari Konsumsi makanan tidak sehat

Kita perlu mengetahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau bisa dikonsumsi sedikit saja disaat berbuka puasa , antaranya:  makanan yang digoreng, makanan tinggi lemak, makanan yang mengandung banyak gula dan garam tambahan, makanan kemasan dan kalengan yang diawetkan.

Selain itu jangan mengkonsumsi minuman dengan tambahan pemanis , minuman berkarbonasi, dan jus kemasan karena bisa menyebabkan sakit perut.

  1.       Setelah makan jangan langsung berbaring.

Keseringan kita saat setelah buka puasa dan kita kekenyangan kita langsung berbaring . tetapi hal seperti ini harus dihindari  , karena kalau kita langsung tidur setelah makan akan bisa menyebabkan masalah pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya.

Disaat kita berbaring  setelah makan, asam lambung bisa naik  dan menyebabkan rasa tidak nyaman . yang seperti ini  mungkin terjadi jika kita mempunyai riwayat asam lambung naik atau GERD.

Demikian 7 cara berbuka puasa yang benar dan sehat  semoga bermanfaat.

Leave a Comment