7 Makanan Lebaran Yang Paling Populer Di Indonesia

7 makanan lebaran yang paling populer di indonesia. Puasa ramadhan di tahun ini akan selesai dan hari yang paling di tunggu –tunggu umat muslim seluruh dunia  tentunya hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri. Dimana di hari itu merupakan hari  yang biasanya saudara-saudara dan keluarga terdekat  kumpul bersama-sama merayakan hari raya lebaran, dan saling memaafkan.

Lebaran idul fitri memang menjadi momen yang paling spesial bagi mayoritas masyarakat indonesia. Lebaran ini sudah melekat dengan kebudayaan dan tradisi masyarakat. Contohnya tradisi maaf –memaafkan dan sekalian menikmati hidangan kuliner khas lebaran.

Karena begitu menjadi ciri khas lebaran, makanan tersebut menjadi menu yang wajib untuk ada di saat lebaran. Berikut ini 7 makanan lebaran yang paling populer di indonesia. Sebagai berikut.

  1.       Makanan Lebaran: Ketupat

Ketupat merupakan makanan yang menjadi salah satu hidangan yang sudah menjadi wajib di saat momen lebaran. Tanpa ketupat hidangan lebaran terlihat kurang komplit ketupat adalah makanan yang memiliki bahan dasar beras yang dibalut dengan daun kelapa atau janur. Ketupat dimakan dengan menu pelengkapnya seperti sate,soto,opor dan lainnya.

  1.       Opor Ayam

Makanan lebaran yang populer di indonesia lainnya adalah opor ayam . makanan ini berkuah dan biasanya dimakan dengan berbarengan dengan ketupat. Antara ketupat dan opor adalah perpaduan yang wajib untuk di konsumsi disaat hari raya idul fitri.

Sesuai dengan namanya Opor ayam terbuat dari daging ayam yang direbus dengan kuah santan dan tambahan bumbu rempah yang gurih dan nikmat.

  1.       Sambal Goreng Kentang ati

Orang indonesia menyukai makanan yang memiliki rasa pedas maka dari itu menu  lebaran yang paling populer yang satu ini namanya sambal goreng kentang ati  yang merupakan hidangan kuliner yang memiliki rasa cita yang pedas.

Sambal goreng kentang ati ini seperti namanya berbahan dasar kentang dan ati ampela  yang dipadukan menjadi satu yang diolah dengan dicampur bumbu dan cabai . biasanya hidangan ini dilengkapi dengan petai sebagai tambahan cita rasa dan aroma yang membuat kita tergugah seleranya.

  1.       Makanan Lebaran :Semur

Semur hidangan lebarang yang juga populer di indonesia , makanan ini memiliki bahan dasar dari daging semur ini makanan berkuah yang warna kuahnya coklat pekat yang biasanya ditambahkan bahan lainnya yaitu , kentang, tahu,tempe dan juga telur rebus.

  1.       Lodeh

Sayur lodeh merupakan hidangan lebaran yang paling populer juga, dimana sesuai namanya Sayur lodeh ini berbahan yang begitu variatif  kalian bisa membuat sayur lodeh dengan bahan terong, labu siam, kacang panjang,petai, tempe cabai sampai dengan jagung . sayur lodeh yang kuhnya terdapat santan khas jawa tengah .

Makanan lebaran ini memang pastinya cocok sekali dimakan dengan ketupat, jadi ketupat dibasahi dengan sayur lodeh, atau bisa juga dengan nasi yang hangat. Selain lezat , sayuran ini sangat baik juga untuk kesehatan tubuh  , karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

  1.       Makanan Lebaran : Kue Nastar

Untuk makanan lebaran yang kali ini merupakan kue yang pastinya selalu ada disetiap hari raya apapun mau lebaran idul fitri atau idul adha. Yaitu kue nastar. Kue nastar merupakan kue kering yang dalamnya berisi isian selai nanas , dan bentuk kue ini  bulat yang teksturnya lembut, cita rasa yang manis dan asam.

Kue kering nastar ini sangatlah puasa jika dikonsumsi dengan the yang lagi hangat sambil berkumpul  bersama keluarga.

  1.       Es Blewah

Hidangan lebaran yang satu ini berasal dari  jenis buah  yang dibuat dijadikan minuman yang segar yaitu Es Blewah.  Blewah yang diserut  dan di padukan dengan cincau, yang menghasilkan cita rasa yang manis dan tentunya menyegarkan.

Dengan ditambahkan bahan yang sederhana seperti gula pasir, sirup dan juga susu kental manis, kalian pun akan bisa membuat es blewah yang begitu nikmat di moment lebaran yang spesial nanti.

Itulah 7 makanan lebaran yang paling populer di indonesia  dan pastikan kalian akan selalu menunggu-nunggu momen lebaran . kenikmatan kuliner yang berbarengan dengan orang yang kita sayangi dan kita kasihi menjadikan suasana menjadi menyenangkan.

Leave a Comment