8 Manfaat Buka Puasa Dengan Yang Manis Untuk Kesehatan

8 Manfaat buka puasa dengan yang manis untuk kesehatan. Kalian tidak akan meras asing, dengan anjuran untuk berbuka dengan yang manis-manis. Perlu diketahui berbuka dengan yang manis, mempunyai manfaat tersendiri untuk tubuh seusai menahan lapar dan haus sepanjang hari.

Oleh karena itu kalian tidak perlu heran menjelang berbuka puasa banyak orang yang selalu menyediakan makanan dan minuman manis di meja makan, seperti es the manis, es buah, sampai dengan kolak pisang. Selain banyak manfaat dari makan yang manis –manis saat berbuka puasa , ternyata perlu kita ketahui kalau  setiap hari kita mengkonsumsi  minuman dan makanan manis saat berbuka puasa ada efek negatif dan bahayanya

Setiap makanan atau minuman yang manis ,memang bisa memulihkan energi tubuh kalian yang seharian hilang  disaat menahan lapar dan haus.  Meskipun bisa mengenakan lidah,  seringnya  berbuka dengan yang manis –manis dan berlebihan malah tidak baik untuk kesehatan.

Diketahui kalau makanan dan minuman manis tidak bisa membuat rasa lapar hilang. Terlalu berlebihan dalam berbuka dengan yang manis belum cukup untuk menggantikan Nutrisi dan vitamin yang hilang selama seharian terpakai beraktivitas. Mengkonsumsi makanan manis yang memiliki nutrisi yang rendah malah akan membuat gula darah di dalam tubuh naik dan turun dengan cepat  setelah selesai makan. Yang berakibat , kalian akan merasa lemas dan mengantuk setelah berbuka puasa.

 Dalam membatalkan puasa memang ada yang menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, tetapi tidak berlebihan dan juga makanan yang manis adalah dari makanan yang manisnya alami. Terdapat beberapa alternatif menu makanan yang alami untuk membatalkan puasa yang manisnya alami  dan bisa dijadikan  pilihan :

  1.   Kurma

Kurma adalah salah satu Makanan yang diburu umat muslim disaat puasa ramadhan.  Karena kumra merupakan  sunnah Nabi Muhammad  Shallallahu alaihi wasallam.  dengan mengkonsumsi kurma disaat berbuka puasa telah terbukti sangat bagus untuk memulihkan energi  tubuh , karena adanya kandungan gula alami di dalamnya.

  1.   Buah-buahan

Makanan jenis buah-buahan yang merupakan salah satu sumber gula alami juga, dimana sangat baik juga untuk di konsumsi disaat berbuka puasa. Buah-buahan juga memiliki kandungan vitamin, nmineral, dan juga kandungan air yang bisa melepaskan dahaga.  Kandungan serat di dalam buah-buahan  bisa membantu mengendalikan gula darah supaya tidak cepat melonjak tinggi.

  1.   Madu

Kalau saja disaat berbuka puasa dengan minum teh manis , maka kalian bisa juga menambahkan madu  sebagai pemanis tambahan. Madu mempunyai indeks glikemik (GI) yang sangat rendah dibandingkan dengan gula,  yang tidak membuat semakin melonjaknya kadar gula darah secepat gula biasa disaat dikonsumsi.

Berikut ini  ada 8 manfaat buka puasa dengan yang manis untuk kesehatan

  1.   Berbuka puasa dengan makanan yang manis memiliki kandungan Gizi dan Nutrisi Yang penting dan dibutuhkan untuk Tubuh kita.
  2.   makanan dan Minuman Yang manis bisa dapat meningkatkan kadar gula darah  yang turun
  3.   makanan yang manis memiliki kandungan gula darah dalam tubuh termasuk juga sumber energi paling utama di dalam tubuh.
  4.   Makanan dan minuman manis bisa membantu untuk mengurangi rasa lemas dan juga mengantuk disaat sedang berpuasa
  5.   Mengkonsumsi buah-buahan bisa mengendalikan kadar gula darah dibandingkan dengan makanan dan minuman olahan.
  6.   Kandungan kalori pada makanan dan minuman manis  sangat cepat diserap oleh tubuh.
  7.   Meningkatkan energi dan juga stamina di dalam tubuh.
  8.   Makanan dan minuman manis  bisa membuat metabolisme pada tubuh kembali normal .

Demikian 8 manfaat buka puasa dengan yang manis untuk kesehatan, semoga bermanfat

Leave a Comment