8 Pintu Rezeki yang Disediakan Allah

8 Pintu Rezeki yang Disediakan Allah

Rezeki tidak selamanya berupa materi, dalam ajaran Islam setidaknya ada 8 pintu rezeki yang disediakan oleh Allah SWT Untuk para umatnya. Lalu apa saja pintu rezekit tersebut.? Berikut ada 8 pintu rezeki yang disediakan oleh Allah SWT.

8 Pintu Rezeki yang Tertulis dalam Al-Qur’an

  1. Rezeki Hasil Usaha

Setiap rezeki manusia sudah ditentukan oleh Allah SWT yang dimana kita sebagai umat memiliki tugas untuk menjemput rezeki tersebut dan salah satunya dengan cara berusaha. Pintu rezeki hasil usaha ini terbuka melalui ikhtiar maka sudah seharunya kita sebagai umat Allah berusaha semaksimal mungkin tuntuk mencari rezeki.

Allah tegaskan dalam salah satu ayat di dalam Al-Qur’an.

Begini isinya: “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya.” (QS. An-Najm: 39)

  1. Rezeki karena Bersyukur

firman Allah:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS. Ibrahim: 7)

  1. Rezeki yang Dijamin

firman Allah dalam salah satu ayat Al-Qur’an.

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (QS. Hud: 6)

  1. Rezeki Lewat Istigfar

Cara ini adalah langkah terbaik untuk mengetuk pintu rezeki dari Allah dan sesuai ajaran Al Qur’an.

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.’” (QS. Nuh: 10-12)

  1. Rezeki yang Tak Terduga

Maha baiknya Allah, rezeki pun Ia janjikan lewat hal-hal tak terduga.

Allah janjikan pada salah satu ayat Al Qu’ran yang berbunyi:

“…Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya…” (QS. At-Talaq: 2-3)

  1. Rezeki karena Anak

Allah akan jamin rezeki, bila kamu mempunyai anak.

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu…” (QS. Al-Isra: 31)

  1. Rezeki Menikah

Janji Allah ini tertulis lewat ayat Al-Qur’an dalam surat An-Nur.

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan menampukkan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur: 32)

  1. Pintu Rezeki karena Sedekah

Allah firmankan dalam ayat Al-Quran:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Baqarah: 245)

Leave a Comment