8 Tips Persiapan Lebaran Di Rumah

8 Tips Persiapan Lebaran Di Rumah . untuk tips mempersiapkan lebaran  di rumah memang sangat perlu sekali untuk umat islam . sebab lebaran kali ini sangat berbeda, karena saat ini pandemi virus corona  sudah mulai agak mereda.  Di tahun lalu lebaran masyarakat indonesia juga dihimbau oleh pemerintah untuk tidak melakukan mudik dan merayakan hari raya idul fitri dirumah saja. Tetapi di tahun ini  masyarakat indonesia sudah diizinkan untuk melakukan mudik  pulang kampung dan juga dalam menjalankan sholat id pun sudah diperbolehkan untuk sholat di lapangan.

Meskipun diperbolehkan untuk melakukan sholat id di lapangan, tetapi pemerintah tetap menegaskan dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, di lapangan disiapkan hand sanitiser untuk pengunjung yang ingin menjalankan sholat id di lapangan tersebut..

Adapun tips mempersiapkan beberapa hal dalam rangka menyambut hari raya idul fitri  di tahun ini.

8 Tips Mempersiapkan Lebaran di Rumah

Di dalam menyambut hari raya idul fitri  di tahun ini terdapat banyak persiapan yang perlu kita lakukan. Dari persiapan yang kecil contohnya seperti pembagian THR, sampai mempersiapkan hal yang besar seperti mendekorasi rumah.

  1.   Mempersiapkan Untuk Membayar Zakat fitrah.

Untuk membayar zakat fitrah , kita sudah mengetahuinya  kalau dalam membayar zakat fitrah itu adalah wajib yang perlu dilakukan setiap umat islam sepanjang bulan Ramadhan. Tidak memandang miskin atau kaya, karena zakat fitrah tujuannya untuk membersihkan keseluruhan harta yang kita miliki. Karena setiap harta yang kita miliki, sebagiannya terdapat hak milik orang lain. Maka dari itu , dalam membayar zakat fitrah menjadi suatu hal yang paling penting dan utama untuk kita lakukan.

  1.   Melakukan Bersih –bersih Rumah

Rumah yang kotor dan berantakan pastinya tidak enak untuk dipandang dan kita tentunya akan malu kalau  disaat hari raya nanti rumah kita terlihat berantakan dan kotor oleh saudara atau tetangga yang berkunjung kerumah kita untuk bersilaturahmi.

Maka dari itu tips persiapan yang kedua adalah melakukan bersih –bersih dirumah, kita bisa mengerjakannya bersama keluarga , di waktu beberapa hari  sebelum lebaran tiba, kita bisa memulai dengan menyapu lantai, membersihkan sudut-sudut rumah jendela , sampai membersihkan perabotan . dengan begitu, rumah kita akan terlihat lebih rapi dan sedap dipandang. Kondisi rumah yang rapi dan bersih tentu akan membuat hari lebaranmu menjadi lebih menyenangkan .

  1.   Mengecat Ulang Rumah

Untuk tips yang ketiga , kita bisa melakukan pengecatan ulang tembok ,jendela dan pintu rumah. Nya cat yang sudah lama akan ada yang sudah terkelupas atau dicoret-coret sama anak-anak . jadi tembok terlihat kotor. Maka dari itu kita bisa mengecat ulang .

Kita bisa mengecat sendiri  dengan bersama-sama di waktu yang senggang , seperti sore hari , layaknya ngabuburit.

  1.   Membersihkan peralatan sholat

Tips yang keempat adalah membersihkan peralatan sholat di rumah seperti, mukena, sajadah, baju gamis, peci sampai sarung yang sehari-hari kita gunakan.

Gantilah peralatan sholat tersebut dengan yang belum pernah dipakai , setelah itu yang alam kita cuci semua sampai bersih dan wangi , dan setelah itu bisa kita gunakan kembali disaat sholat ied nanti.

  1.   Membuat hidangan lebaran

Tips yang kelima adalah membuat hidangan lebaran.di indonesia masyarakatnya  disaat lebaran akan tiba pastinya mereka tidak akan pernah ketinggalan dengan membuat menu lebaran dan kue lebaran.untuk menu makan lebaran yaitu ketupat, opor, sambel atau sayur ketupat , sambel goreng kentang sampai semur daging.

Dan untuk kue lebaran yang paling sering dibuat adalah rengginang, yang biasanya tempatnya toples bekas kue merk khong guan.putri salju, kastengel dan yang lain-lain.

Membuat hidangan lebaran bisa kita buat bersama-sama dengan keluarga. Atau jika tidak mau repot kalian bisa memesan kue atau menu lebaran di tetangga yang biasanya setiap hari raya akan menjadi pedagang mendadak.

  1.   Membeli baju lebaran keluarga

Untuk tips yang keenam ini  membeli baju lebaran keluarga. Dalam mempersiapkan membeli baju lebaran disarankan untuk membeli 3 sampai 2 bulan sebelum lebaran membelinya . karena jika kita membeli di dekat hari lebaran, contoh nysa di bulan puasa harga baju akan drastis naik, apalagi jika dekat hari H maka semakin bekali lipat harga baju nya.

  1.   Mempersiapkan THR

Tradisi yang paling ditunggu oleh para anak-anak disaat lebaran tiba adalah mendapatkan THR ataupun ada yang bilang zakat. Karena di setiap wilayah untuk berbagi uang kepada saudara atau sepupu yang masih kecil kecil , istilah bahasanya beda-beda tetapi satu tujuan.

Kita bisa mempersiapkan thr dengan memberikan amplop yang lucu. Agar anak-anak terlihat senang dan bahagia.

  1.   Membuat agenda kegiatan lebaran

Tips mempersiapkan lebaran dirumah yang terakhir adalah membuat agenda kegiatan lebaran.  Untuk membuat agenda kegiatan lebaran jika kita pahami sangatlah penting, karena jika tidak diagendakan atau dijadwalkan. Maka kita akan bingung untuk melakukan kegiatan selama lebaran.

Oleh karena itu , membuat agenda kegiatan lebaran sangatlah penting, dan mintalah pendapat kepada suami saudara atau anak –anak yang sudah besar  supaya semua setuju, dan kegiatan lebaran menjadi nyaman dan tidak membingungkan.

Leave a Comment