Adab Makan dan Minum Dalam Islam Beserta Dalilnya

Adab Makan dan Minum dalam Islam beserta Dalilnya, dalam ajaran agama islam, kita diajarkan terhadap beberapa macam adab dan termasuk adab dalam makan dan minum. Sebagai umat muslim yang baik, penting halnya untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai sosok panutan dalam melakukan berbagai hal termasuk adab makan dan minum agar kehidupan dapat berjalan dengan baik dan penuh dengan berkah.

 “Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah. Dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah. Dan bertaqwalah kepada Allah. Sungguh, Allah sangat keras hukuman-Nya.” (QS. Al-Hasyr : 7).

Berikut ini ada beberaa adab makan dalam ajaran agama Islam.

  1. Mengucapkan Tasmiyah

Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa yang dimaksud dengan tasmiyah ketika makan adalah bacaan ‘bismillah’.

Ibnu ‘Allan Asy Syafi’i mengatakan, “Jika disebut tasmiyah, maka yang dimaksud adalah ucapan “bismillah”. Sedangkan jika disebut basmalah, maka yang dimaksud adalah ucapan “bismillahir rohmaanir rohiim”.

Terkait adab makan dan minum ini, dari ‘Aisyah, Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)’.“ (HR. Abu Daud dan Timidzi).

  1. Menggunakan Tangan Kanan

Dalam salah satu hadis disebutkan sebuah riwayat yang artinya,

“Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula.” (HR. Muslim).

  1. Makan yang Ada di Hadapannya

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, Rasulullah SAW bersabda padanya,

“Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu.” (HR. Bukhari).

  1. Makan dari Pinggir

Ibnu ‘Abbas, Nabi SAW bersabda,

“Barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulailah makan dari pinggirnya dan jangan memulai dari tengahnya.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

  1. Tidak Makan sambil Bersandar

Abu Juhaifah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya,

“Adapun saya tidak suka makan sambil bersandar.”(HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan bahwa yang dimaksud dengan bersandar dalam hadis ini sifatnya umum, dan tidak dikhususkan bentuk bersandar dengan sifat tertentu.

  1. Tidak Menjelek-jelekkan Makanan

Dari Abu Hurairah, ia berkata,

“Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencela suatu makanan sekali pun dan seandainya beliau menyukainya maka beliau memakannya dan bila tidak menyukainya beliau meninggalkannya (tidak memakannya).” (HR. Bukhari).

Itulah beberapa adab makan dan minum dalam ajaran islam dan semoga data bermanfaat bagi sahabat muslim.

Leave a Comment