Anti Gagal! Ini 5 Tips Olah Daging Kurban Agar Empuk

Anti Gagal! Ini 5 tips  olah daging kurban Agar Empuk. Daging kurban merupakan daging yang disembelih di waktu hari raya idul adha  dan waktu penyembelihan ini dijelaskan di dalam hadits berikut:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih qurban sebelum shalat (Idul Adha), maka ia berarti menyembelih untuk dirinya sendiri. Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat (Idul Adha), maka ia telah menyempurnakan manasiknya dan ia telah melakukan sunnah kaum muslimin.( HR. Bukhari no. 5546.)

Pada hari raya idul adha ini umat islam menyembelih hewan qurban  dan dibagikan kepada para masyarakat  disekitar  tempat shohibul qurban atau pun bisa juga dibagikan ke fakir miskin .

Daging kurban bisa diolah untuk dijadikan makanan.adapun cara untuk menjadikan daging kurban tersebut menjadi lembut dan empuk. Daging yang diolah menjadi lembut dan empuk merupakan daging yang tentunya sangat mudah digigit dan dikunyah. Tekstur daging yang lembut dan empuk biasanya akan memberikan ras yang lebih menggugah selera.

Rahasia supaya bisa menghasilkan daging yang lembut dan empuk  berada pada persiapan dan proses saat memasak.  Berikut ini Anti Gagal ! Ini 5 Tips Olah daging Kurban agar empuk .

  1.       Memanfaatkan Alat Pelembut Daging

Cara yang mudah dan simpel supaya daging menjadi lembut  dengan memanfaatkan alat pelembut daging. Alat ini memiliki bentuk layaknya palu yang dibuat dari bahan aluminium atau kayu yang dipakai dengan cara dipukul-pukulkan pada daging. Kalau tidak punya alat ini kalian bisa menggunakan  benda keras yang lain seperti gelas atau wajan.

Pukul alat pelembut sampai daging tipis sesuai selera. Dengan cara ini bisa memecah jaringan ikat dalam daging yang bisa membuat daging menjadi lembut.

  1.       Daging Direndam

Supaya daging menjadi empuk , kalian bisa merendam daging ke dalam campuran air dan baking soda sebelum kalian mengolah atau memasaknya. Baking soda yang diberikan cukup 1 sendok teh sendok saja lalu campur dengan air setelah itu rendam daging selama kurang lebih 15 menit. Baru dikeringkan  sebelum daging digoreng atau di panggang.

Diketahui Baking soda bisa merubah pH pada permukaan daging  yang membuat menjadi lebih lembut.

  1.       Taburi dengan garam

Kalian bisa menaburi daging dengan garam bisa menjadikan daging menjadi lembut. Pergunakan 1/2 sampai satu sendok  teh garam pada setiap sisi daging. Kalian diamkan sampai satu jam , lalu kalian bilas sisa garam dan daging dikeringkan.

Dengan menggunakan cara ini bisa membuat daging empuk dan memiliki aroma serta memiliki rasa yang gurih.

  1.       Rendam daging dengan SUSU

Selain merendam daging dengan air , kalian bisa juga menggunakan susu atau yogurt  untuk membuat daging menjadi empuk.  Disaat merendam daging dengan susu lain bisa berikan beberapa bumbu seperti garam, merica dan bawang merah supaya semakin memiliki cita rasa.

  1.       Memasak dengan Perlahan

Ketika kalian memasak daging yang memiliki kaya kolagen,  layaknya brisket dengan cara yang perlahan dan api kecil. Dengan mempergunakan api yang kecil dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kolagen pecah  sampai mendapatkan hasil daging yang empuk dan lebih berair atau yang biasa dikenal dengan Juicy.

Memasak secara perlahan dapat juga kalian lakukan di panggangan atau oven. The Kitchn memberikan rekomendari dalam setiap 0,45kg daging  memasaknya  sekitar satu jam pada suhu 120 derajat celcius.

Demikian Anti Gagal! Tips Olah daging kurban Agar empuk.

Leave a Comment