Apa itu Dosa Besar? Berikut Pengertian Dan Macam Menurut Islam

Agama islam mengajarkan kita agar selalu mentaati perintah dan menjauhi larangan yang Allah subhanahu wa ta’ala perintahkan. Disaat kita mentaati perintahnya kita akan mendapatkan Pahala dan disaat kita tidak mentaati perintah allah maka kita akan dikenakan DOSA.   Dosa terbagi menjadi dua yaitu dosa besar dan dosa kecil. Disini penulis akan membahas salah satunya yaitu DOSA BESAR berikut penjelasannya.

Dosa Besar memiliki pengertian  di antara bentuk maksiat dan sesuatu perbuatan yang dimana allah ta’ ala melarangnya. Seperti yang disebutkan oleh Ibnu Jarir di dalam tafsir nya, dari Ibnu ‘ Abbas radhiyallahu ‘ anhuma, yang dimaksud Dosa besar adalah setiap dosa yang diancam neraka, terkena  laknat, dimurkai atau dikenai siksa.

Definisi  pengertian dari ibnu ‘ Abbas , diatas yang dimaksud  dosa besar itu diberi azab atau siksa termasuk  terkena siksa di dunia seperti hukum Qishash, contohnya seperti hukum potong tangan bagi para Pencuri, hukum cambuk  bagi pelaku zina, hukum razam bagi yang yang menuduh wanita baik-baik  berzina,  semua hukuman yang sudah disebutkan  termasuk Dosa Besar, dikarenakan semua hukuman tersebut terkena had di dunia, atau mendapatkan murka atau laknat Allah .

Berikut macam –macam dosa besar

  1.       Dosa Besar Berbuat Syirik

Syirik adalah melakukan ibadah selain kepada allah . dan untuk orang yang melakukan ibadah selain kepada allah disebut dengan MUSYRIK.

Di kalangan ulama  membagi perbuatan syirik menjadi dua yaitu Syirik besar dan syirik kecil.  Definisi dari Syirik besar adalah mengambil tandingan selain Allah dan menyamakannya dengan Rabbul ‘ alamin.dan untuk syirik kecil adalah Syirik dalam dalil tetapi tidak sampai derajat syirik akbar(besar atau disebut juga oleh para ulama sebagai perantara menuju syirik akbar.

Di dalam alquran terdapat ayat yang menunjukkan bahaya syirik  yaitu:

Artinya: “  Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu , bagi siapa yang dikehendaki-Nya  ( QS An – Nisa: 48)

  1.       Dosa Besar Berbuat Sihir

Sihir itu ada, telah disebutkan di dalam ayat Al quran,

Artinya: “ Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. “  ( QS. Al-Baqarah: 102).

  1.       Dosa Besar Bermuamalah Dengan Riba

Dari jabir bin ‘ Abdillah  radhiyallahu ‘ anhu, beliau berkata,

 Artinya :  “ Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wasallam melaknat pemakan riba (rentenir), orang yang menyerahkan riba (peminjam) , pencatat riba (sekretaris) dan dua orang saksinya. “ beliau mengatakan . “ Mereka semua itu dama ( dalam melakukan yang haram. “  ( HR. Muslim no .1598)

  1.       Dosa Besar Durhaka kepada Orang tua

Dari imam Nawawi didalam  al – minhaj syarh shahih muslim (2:77) berkata , “ uququl walidain atau durhaka kepada orang tua adalah segala bentuk menyakiti orang tua. “ Para Ulama juga mengatakan bahwa taat kepada orang tua itu wajib dalam hal selama bukan dalam maksiat.

Ayat al quran menyebutkan perintah untuk berbakti kepada orang tua  yang Artinya :

“ dan rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya . jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ ah”  dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. “   ( QS. Al-Isra’ : 23)

Semoga allah menyelamatkan kita dari dosa-dosa besar

Leave a Comment