AQIQAH, KURBAN DAN NADZAR

AQIQAH, QURBAN DAN NADZAR . di dalam ketiga kata dari aqiqah ,Qurban dan Nadzar ada persamaan tersendiri dan juga perbedaannya. Aqiqah memiliki persamaan dengan kurban , dimana sama sama menyembelih kurban hewan kambing . yang dimana dalam waktu penyembelihannya ada perbedaan , yaitu,untuk aqiqah disunnahkan  di 7 hari setelah kelahiran sang anak, tetapi jika kondisinya tidak memungkinnkan aqiqah bisa dilakukan kapanpun atau disaat kita mampu melakukannya walaupun sang anak sudah dewasa. Dan cara pembagian aqiqah adalah daging  kambing sudah dimasak  dan dari yang mempunyai hajat boleh memakan  daging aqiqahnya dengan takaran yang kecil.

Untuk kurban memiliki hukum sunnah muakkad juga sama dengan hukum dari aqiqah. Untuk kurban waktu penyembelihannya  berbeda dengan aqiqah yang bisa dilakukan kapanpun walau disunnahkan tujuh hari setelah lahirnya sang anak. Kurban waktunya sudah ditentukan  yaitu di dalam setahun sembelihan itu sah menjadi kurban jika disembelih di hari raya idul adha setelah selesai sholat ied yaitu  di tanggal 10 dzulhijjah dan hari tasyrik tanggal 11 dzulhijjah sampai 13 dzulhijjah. Di dalam pembagian daging kurban juga berbeda dengan aqiqah , jika daging aqiqah dibagikan dengan keadaan sudah matang, tetapi untuk kurban pembagian dagingnya dalam keadaan mentah . daging qurban boleh dimakan oleh yang berkurban sebanyak 1/3 nya,  berkurban  merupakan suatu bentuk rasa syukur terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala yang ajaran dari Nabi Ibrahim alaihi salam.

Nadzar  memiliki hukum yang wajib untuk dilaksanakan. Contoh nadzar  “ Saya bernazar berkurban Kambing di hari raya idul adha kalau saya bisa lulus ujian sekolah”.  Jika nantinya allah subhanahu wa ta’ala   mengabulkan untuk lulus dari ujian. Maka apa yang kita nazarkan wajib dilaksanakan. Dalam perbedaan hewan kambing yang akan dipakai untuk nadzar, qurban dan aqiqah di pembagian dagingnya, daging yang diniatkan untuk nadzar murni di sedekahkan , dan tidak boleh dimakan oleh pemiliknya( jadi kita harus berhati-hati dengan nadzar).

Dari tiga ibadah Aqiqah,Qurban dan juga Nadzar manakan yang paling utama untuk dilaksanakan?  Jawabannya pastinya nadzar, karena nadzar berhukum wajib. Dan untuk aqiqah dan qurban mana kah yang harus didahulukan  jawabannya adalah aqiqah namun jika pada waktu tersebut bertepatan dengan hari raya idul adha atau kurban , maka  alangkah baiknya akad nya kurban.karena waktu kurban sudah ditentukan sedang untuk aqiqah bisa kapan saja. sedangkan untuk sembelihan yang berakad berbarengan qurban dan aqiqah itu tidak bisa.

Leave a Comment