Berkurban, Bentuk Rasa Syukur dan Makna Berbagi

Penyembelihan hewan qurban merupakan bagian dari hari perayaan idul Adha. Qurban sendiri menjadi salah satu hal yang dianjurkan untuk dilakukan bagi para umat muslim yang telah mampu untuk menunaikannya. Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, berkurban merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah. “Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan dan sifat utama dengan berderma,”

Di tengah mewabahnya virus covid 19 membuat qurban memiliki makna yang sangat berarti bagi orang orang yang terkena dampak dari penyebaran virus covid 19 yang membuat ibadah qurban menjadi ibadah yang penuh dengan makna. Selain sebagai bentuk rasa syukur, melakukan ibadah qurban di tengah mewabahnya virus covid 19 membuat ibadah qurban menjadi ibadah yang sekaligus sebagai bentuk rasa peduli antara sesama umat muslim,

mengingat ada banyak masyarakat yang merasa kesulitan karena dampak dari virus covid 19 yang membuat sebagian besar orang menjadi kesulitan dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan sehari hari, maka dengan adanya pelaksanaan hari raya qurban maka kita sudah membantu meringankan beban saudara kita yang terkena dampak dari penyebaran virus covid 19, sehingga ibadah qurban di tengah pademi dinilai sebagai bentuk bersedekah yang sangat bermanfaat.

Melakukan ibadah qurban di tengah pademi tentu menuntut kita agar sungguh sunggu ekstra hati hati dan waspada untuk melakukannya. Pastikan bahwa segala hal yang dilakukan di tengah pandemi seperti ibadah qurban memenuhi protocol kesehatan yang berlaku.

Penyembelihan yang dilakukan di RPH harus dilaksanakan sesuai syariat. Hewan disembelih oleh jagal muslim profesional, di mana terjamin kebersihan dan keamanannya. Apalagi, pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, cara seperti ini disarankan agar tidak terjadi kerumunan.  Penyembelihan di luar RPH, ujar Abdul menambahkan, hendaknya dibatasi jumlahnya, mematuhi protokol kesehatan, dan tidak terjadi kerumunan massa.

Untuk meminimalisir terjadinya kerumunan saat ibadah qurban ada beberapa hal yang dapat dilakukan salah satunya seperti 

Mengantar daging qurban ke rumah warga satu persatu oleh petugas qurban demi menghindari adanya kerumunan antrian saat menunggu daging hewan qurban dibagikan.

Bagi para panitia qurban dianjurkan untuk selalu menggunakan peralatan keamanan seperti sarung tangan, masker dan lain sebagainya demi menghindari penyebaran virus covid 19.

Dalam memilih lokasi untuk sebagai tempat penyembelihan hewan pastikan bahwa di tempat tersebut sedia akses air yang mengalir agar tingkat kebersihannya lebih terjamin.

Leave a Comment