Bosan Nyate? Ini Dia Rekomendasi Menu Olahan Daging Kurban yang Tak Kalah Lezat dan Menggiurkan

Bosan Nyate? Ini Dia Rekomendasi Menu Olahan Daging Kurban yang Tak Kalah Lezat dan Menggiurkan

Sudah menjadi sebuah agenda wajib ketika perayaan idul adha, menu olahan daging seperti menjadi primadona bagi sejuta umat yang merayakannya. Daging yang sebelumnya merupakan makanan yang dijual dengan harga yang mahal, namun momen saat idul adha daging menjadi andalan bagi banyak orang. 

Saat menjelang hari raya Qurban, sejumlah masyarakat biasanya akan mendapatkan jatah daging dari berbgaai tempat pelaksanaan Qurban. Daging Qurban yang didapatkan mampu menjadi menu atau hidangan hingga beberapa pekan lamanya.

Sate adalah salah satu olahan daging yang biasanya menjadi andalan bagi banyak orang saat perayaan idul adha, sehingga aktivitas bakar sate saat hari raya sudah tampak seperti tradisi masyarakat setiap tahunnya. Menu sate dipilih karena dianggap murah, praktis, dan lezat. Padahal sebenarnya, banyak juga olahan daging yang lezat, praktis, dan murah meriah. Berikut rekomendasi menu olahan daging itu.

Menu Olahan Daging Qurban Lezat

Jika anda merasa bosan dengan sate atau ingin mencoba olahan daging yang berbeda di tahun ini, berikut ada beberapa rekomendasi olahan sate yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan sate.

 

Serundeng Daging

Serundeng daging juga merupakan salah satu olahan daging yang sama halnya dengan sate yang proses pembuatannya cukup praktis dan mudah. Untuk membuat serundeng daging anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja yaitu kelapa parut, bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala dan jinten, gula merah dan bahan utamanya tentu daging.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak resep dan cara buatnya sebagai berikut ini

 

Bahan-bahan

1/2 kg daging sapi

1 buah kelapa parut

2 batang sereh

6 lembar daun jeruk

4 lembar daun salam

250 gr gula merah

1/2 sdm asam jawa

Garam

 

Bumbu halus

6 siung bawang putih

8 siung bawang merah

3 buah cabe merah besar

1 sdt jinten sangrai

1/2 sdm ketumbar bubuk

3 cm kunyit

 

Proses pembuatan

Langkah awal, anda bisa merebus atau presto daging dan kemudian potong dadu. Untuk air rebusan daging sebaiknya jangan dibuang.

Haluskan bumbu dan sisihkan menjadi dua bagian. Bagian satu digunakan untuk daging dan bagian satunya lagi digunakan untuk kelapa.

Tumis 1 bagian bumbu halus beserta sereh, daun jeruk, daun salam, asam jawa dan 1 sdm gula merah lalu beri 100ml air kaldu, masukkan potongan daging tumis hingga bumbu meresap dan sisihkan

Sama seperti langkah sebelumnya tumis sisa bumbu halus, sereh, daun jeruk, daun salam dan sisa gula jawa lalu beri 100ml air kaldu. Masukkan kelapa. Aduk hingga terasa ringan beri garam 1/4 sendok makan saja lalu cicipi

Campurkan daging yang telah dibumbui lalu terus masak dengan api kecil sambil diaduk hingga kelapa benar benar kering dan berwarna coklat.

Proses memasak memang sedikit lama karena harus kering agar tahan diluar kulkas maksimal 2 minggu. Cocok dimakan dengan nasi putih hangat

 

Bakso

Jika anda cenderung menyukai masakan yang berkuah, mungkin bakso bisa menjadi alternatif menu lebaran. Untuk proses dan tahap pembuatan bakso, mari kita baca resep dan cara pembuatannya.

 

Bahan-bahan

bakso

Air

1/4 daging sapi

5 butir Bawang putih

3 butir Kemiri

secukupnya ladaku/mrica

 

Garam

penyedap rasa

saset kuah bakso

Mie burung dara

 

Bihun

Cesim dan tauge

Untuk tambahan

Daun bawang, sledri dan bawang goreng

 

Langkah

Potonglah daging tipis tipis untuk kuah. Untuk proses potong sebaiknya ikuti bagian serat agar daging tidak menjadi alot.

Didihkan air secukupnya. Sementara menunggu air mendidih, anda bisa menghaluskan beberapa bumbu yang terdiri dari Merica 10 butir, Kemiri 3 butir, Bawang putih 5 butir.

Selanjutnya, masukan bumbu yang telah dihaluskan tersebut ke dalam panci yang sudah terdapat air yang mendidih. Diamkan hingga beberapa detik dan kemudian masukan daging yang sudah diiris. Tutup panci dan kecilkan apinya.

Sambil menunggu daging hingga masak, anda bisa masukan garam secukupnya, penyedap rasa secukupnya, kuah bakso 2 saset, setelah daging sudah empuk, rasa sudah pas tinggal masukan bakso.

Daging Barbeque 

Bagi anda yang ingin menu sate namun malas nyata, mungkin olahan daging Barbeque bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Olahan daging yang satu ini hampir sama dengan sante. Pada Barbeque biasanya diolah dengan berbagai varian rasa seperti balado, pedas manis, black pepper, keju, atau bumbu lainnya sesuai dengan selera anda.

Untuk proses pembuatannya silahkan simak resep dan caranya sebagai berikut ini.

Bahan-bahan

500 gr daging sapi 

2 sdm saus tiram

2 sdm saus tomat

2 sdm kecap inggris

1 sdm bon cabe

kaldu jamur secukupnya

garam, gula, dan merica secukupnya

lada hitam secukupnya

½ sdt kecap manis

1 buah jeruk nipis

bawang putih secukupnya

bawang bombay secukupnya

cabe ijo

daun selada

Langkah-langkah

  1. Siapkan teflon atau panggangan.
  2. Campurkan saus tomat, saus tiram, kecap inggris, garam, kaldu jamur, bon cabe, gula, merica, dan lada hitam. Lalu, aduk hingga rata.
  3. Selanjutnya, celupkan daging ke dalam bumbu yang sudah disiapkan.
  4. Oleskan teflon atau panggangan dengan sedikit minyak. Lalu, masukkan daging, bawang putih dan bawang bombay. 
  5. Aduk dan panggang hingga semua daging matang.
  6. Jika sudah matang, sajikan daging bersama selagi hangat bersama selada.

Nah itulah beberapa resep olahan daging yang mungkin dapat anda hidangkan saat hari raya idul adha sebagai pengganti sate.

Leave a Comment