Cara Buat Olahan Daging Kurban Empuk

Cara Buat Olahan Daging Kurban Empuk, Menjelang perayaan hari raya Idul Adha, sejumlah rumah warga biasanya menghidangkan makanan serba daging. Daging yang dihidangkan biasanya berasal dari daging hewan Qurban seperti daging kambing dan daging sapi.

Mengolah daging sapi dan daging kambing terbilang gampang gampang susah sehingga dibutuhkan resep dan wawasan yang luas untuk mengolah daging,m seab kesalahan dalam mengolah daging menjadi masakan akan membuat daging terasa kenyal dan sulit untuk dikunyah. Daging yang kenyal tentu akan membuat masakan menjadi kurang nyaman.

Tips Mengolah Daging Agar Jadi Empuk

Jika anda berencana ingin mengolah daging Qurban agar empuk ketika dimasak, berikut ini ada beberapa tips yang wajib anda coba.

1. Buang selaput putih

Selaput putih yang terdapat pada daging merupakan salah satu bagian daging yang menyebabkan daging menjadi kenyal dan sulit untuk dikunyah. Agar olahan daging dapat menjadi empuk, sebaiknya anda membuang bagian tersebut. Gunakan pisau tajam untuk membuang selaput putih di sekitar daging secara perlahan. 

2. Buang urat daging

Selain selaput putih, urat yang terdapat pada daging juga menjadi penyebab daging menjadi keras sehingga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya. Oleh karena itu, untuk membuat daging menjadi empuk, sebaiknya buang bagian urat yang terdapat pada daging sebelum akan mengolahnya. 

3. Potong berlawanan arah serat

Saat mengolah daging sebaiknya daging dipotong dengan cara berlawanan dengan serat pada daging agar serat dapat menjadi lebih pendek. Jika serat sudah menjadi pendek maka daging aan menjadi lebih cepat matang dan rasanya pun menjadi empuk.

4. Pakai jus nanas

Untuk merubah daging agar menjadi empuk, anda juga bisa memanfaatkan jus nanas. Untuk prosesnya anda bisa menghaluskan buah nanas dengan menggunakan blender yang kemudian ditaburkan pada seluruh bagian daging. Jika daging sudah terselimuti dengan jus nanas maka diamkan nanas hingga beberapa menit. Setelah itu daging sudah dapat diolah menjadi masakan lezat.

5. Pakai daun pepaya

Selain menggunakan nanas, anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya untuk menjadikan daging menjadi empuk. Ambilah beberapa helai daun pepaya yang disesuaikan dengan jumlah daging yang akan dimasak. Cuci daun pepaya terlebih dahulu dan kemudian keringkan.

Gunakan daun pepaya untuk membungkus daging dan diamkan hingga beberapa menit. Daging yang sudah dibungkus dengan daun pepaya seharusnya sudah siap menjadi masakan daging yang empuk.

6. Baking soda

Kandungan yang terdapat di dalam baking soda dapat menetralkan asam dan meningkatkan pH pada permukaan daging yang kemudian akan membuat daging menjadi empuk. Rata rata baking soda yang digunakan untuk mengempukan daging sebanyak 1 kg tidak lebih dari 15 gr. Sama hanya dengan menggunakan jus nanas, daging yang ingin diempukkan sebelumnya dapat dibalut dengan baking soda dan diamkan kurang lebih 30 menit lamanya. Selain itu, baking soda juga bisa dilarutkan terlebih dahulu dalam air. Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat. 

7. Bubuk kopi

Kopi juga dapat digunakan untuk membuat daging menjadi empuk. Enzim protease dalam kopi dapat memecah protein dalam daging. Cara mengempukkan daging dengan bubuk kopi adalah dengan melarutkan kopi dalam larutan air. Lalu, balurkan kopi pada daging dan diamkan selama beberapa saat. Sebaiknya bubuk kopi yang digunakan untuk marinasi daging kambing dan sapi sedikit saja jangan terlalu banyak.

Itulah beberapa tips membuat daging menjadi empuk sehingga dapat diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat.

Leave a Comment