Cara Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islam

Cara Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islam, Cara mendidik anak di usia dini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan Alquran. Memiliki buah hati memang menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi para orang tua, namun kasih sayang terkadang membuat orang tua membuat pola asuh yang salah dan berdampak terhadap masa depan yang buruk. Maka dari itulah proses dan tumbuh kembang anak harus disertai dengan bimbingan orangtua yang tua yang tepat.

Salah satu cara membimbing buah hati adalah dengan cara mendidik secara Islami. Semasa hidup Rasulullah SAW, telah memberikan banyak suri tauladan yang baik bagi keluarganya, terlebih dalam mendidik putra dan putrinya.

Dalil Cara Mendidik Anak Usia Dini Secara Islami

Mempraktikkan cara mendidik anak dini secara Islami tidak hanya akan baik untuk akhlak anak di masa depan nanti melainkan juga akan berdampak baik tehadap orang tua. Sebagaimana hadist riwayat Abu Dawud, saat seorang muslim meninggal dunia, maka terputus semua hal di dunia kecuali sedekah, pengetahuan, dan doa anak salih.

“Ketika seseorang meninggal, tindakannya tidak akan dilanjutkan kecuali dengan tiga hal, sedekah, pengetahuan bermanfaat, dan seorang anak saleh berdoa untuknya.” (HR. Abu Dawud).

Pendidikan bagi anak yang berasal dari keluarga adalah sebaik-baiknya pemberian orangtua. Adapun dalilnya yakni Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orangtua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al-Hakim)

Mendidik anak dengan kasih sayang yang penuh merpakan cara Islami dalam mendidik menjadi shih, sebagaimana yang disebutkan di dalam Al Qurban bahwa Nabi Nuh memerintahkan anak durhakanya untuk naik ke atas kapal namun beliau selallu memintanya dengan cara yang lembut dan penuh dengan kasih sayang. Berikut bunyinya,

“Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang kafir.” (QS. Hud: 42)

Dalam sebuah hadis juga menceritakan tentang cara Rasulullah SAW mengasuh dan memberi kasih sayang kepada seluruh anak yang berada di sekelilingnya. 

“Rasulullah datang ke Madinah saat aku berusia delapan tahun, kemudian ibuku menggandeng tanganku dan membawaku pada Rasulullah, ia berkata: “Wahai Rasulullah, tidak seorang laki-laki dan perempuan pun dari kaum Anshar yang datang kepadamu kecuali memberi hadiah untukmu, sedang aku tidak mampu memberimu hadiah kecuali anakku ini. Ambillah, agar ia bisa melayanimu.” Anas berkata: “Aku mengabdi pada Rasulullah sepuluh tahun lamanya, tidak pernah sekalipun beliau memukul, mencaci atau berwajah masam kepadaku.” (HR. Imam al-Turmudzi)

Cara Mendidik Anak Usia Dini Secara Islami

Ada berbagai cara yang dapat anda alakukan dalam upaya mendidik anak secara Islami yang salah satunya sebagai berikut ini.

1. Memberi Nama dengan Doa

Cara mendidik anak pertama menurut Islami dapat diawali dengan pemberian nama. Nama yang diberikan tidak lain merupakan doa yang senantiasa dipanjatkan kepada Allah SWT dalam kehidupannya di hari kelak. Maka dari itu, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk memberi nama dengan arti yang baik, dan akan lebih baik lagi jika memilih nama yang dianjurkan dalam Islam.

2. Selalu Dekatkan dengan Ibu

Ibu adalah sosok yang memiliki ikatan batin yang kuat dengan anak anaknya. Dengan kasih sayang seorang ibu, anak akan menjadi tumbuh secara agama dapat terjadi secara maksimal.

3. Mendengarkan Lantunan Ayat Suci

Membiasakan anak untuk mendengar lantunan ayat suci meripakan cara yang juga dianjurkan untuk diterapkan dalam mendidik anak secara Islami. Ketika anak terbiasa mendengar lantunan ayat suci sejak dini, tentu akan membantu anak tumbuh menjadi sosok yang cinta dengan ayat ayat Al Quran.

4. Berlaku Adil dalam Segala Hal

Berlaku adil dalam segala hal juga menjadi cara yang dianjurkan un tuk diterapkan dalam mendidik anak. Dengan bersikap adil, kita dapat membentuk sosok anak yang pengertian dan jauh dari keegoisan serta bertanggung jawab.

Leave a Comment