Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Mudik, Agar Selalu Fit Saat Mudik

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Mudik , agar selalu fit saat mudik.  Tradisi mudik di negara kita indonesia merupakan tradisi yang biasanya dilakukan  disaat akan berakhirnya bulan suci ramadhan dan akan tibanya hari raya kemenangan yaitu idul fitri. 

Sudah dua tahun ini tradisi mudik tidak  ada, dan sekarang ini  pemerintah mengizinkan untuk masyarakat yang mau mudik  diperbolehkan dengan syarat dan ketentuan berlaku.  Walaupun pandemi Covid -19 saat ini sudah mulai berkurang, tetapi kalian  tetap selalu waspada . Supaya kalian selalu terlindungi saat perjalanan mudik walaupun kalian sudah melakukan vaksin booster . tetapi kalian perlu juga untuk mengetahui  dan menerapkan cara untuk menjaga daya tahan tubuh supaya tetap terjaga dan kuat.

Dalam perjalanan mudik yang jarak nya jauh memiliki resiko yang tinggi di tengah keramaian ,  Kita mengetahui kalau perjalanan mudik ke kampung halaman membutuhkan energi extra dibandingkan   dengan  melakukan aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu kalian dan keluarga sangat perlu sekali dalam menjaga daya tahan tubuh secara maksimal untuk menghindari berbagai permasalahan dalam kesehatan seperti diare atau infeksi virus corona, yang bisa saja  akan terjadi selama perjalanan mudik.

Ada beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat mudik agar selalu fit saat mudik

  1.   Mengkonsumsi Makanan bernutrisi

Sebelum melakukan perjalanan jauh atau mudik ke kampung halaman kalian dan keluarga diperlukan untuk mengkonsumsi makanan sehat  yang bernutrisi secara teratur. Bukan untuk membuat tubuh kalian lebih bertenaga selama melakukan perjalanan mudik. Mengkonsumsi makanan bergizi memiliki peran penting untuk memperkuat daya tahan tubuh dalam melawan infeksi .

Berikut jenis Nutrisi yang kalian perlu cukup untuk tubuh yaitu protein, Karbohidrat, serat , dan mineral. Nutrisi  bisa kalian peroleh di berbagai jenis makanan bergizi seperti buah,sayur,daging, ikan , telur sampai dengan kacang-kacangan.

  1.   Minum air putih yang lebih banyak

Disaat perjalanan mudik , kalian  biasanya paling sering menghindari banyak minum  sebab takutnya seringnya melakukan buang air kecil selama perjalanan.  Perlu diketahui kalau kebutuhan cairan tubuh tidak kalian pernuhi, kalian bisa menjadi sangat mudah merasa lelah, mengantuk  dan kehilangan konsentrasi.

Di dalam kondisi seperti ini bisa membahayakan keselamatan kalian dan keluarga , aplagi kalau kalian memakai kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan mudik. Maka dari itu kalian perlu sekali memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya

  1.   Melakukan olahraga selalu rutin

Supaya tubuh  selalu fit sampai hari perjalanan mudik tiba, kalian dan keluarga disarankan untuk melakukan olahraga secara rajin setiap harinya. Melakukan olahraga juga dapat memperkuat sistem imun pada tubuh melawan infeksi penyebab penyakit dan mencegah pegal –pegal saat perjalanan Mudik.

Kalian berusahalah meluangkan waktu hanya 30 menit setiap harinya untuk melakukan olahraga. Untuk jenis olahraganya yang bisa kalian lakukan adalah jalan santai , Jogging, yoga atau bersepeda.

  1.   Istirahat dan waktu tidur di cukupi

Beristirahat dan waktu tidur diatur dengan cukup. Dengan kalian mencukupi waktu tidur, kalian dan keluarga juga tidak mudah sakit yang mengakibatkan selama perjalanan mudik.  Adanya resiko terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan  pengendara dalam kondisi mengantuk dan lelah karena kurang tidur pun bisa teratasi.

  1.   mangatur stres

ciri khas disaat sedang mudik adalah lalu lintas yang begitu padat dan kemacetan panjang . kondisi itu  tidak jarang membuat kalian stres dan gampang marah , yang perlu kalian tahu  marah merupakan salah satu dari pemicu turunnya daya tahan tubuh.

Supaya daya tahan tubuh selalu saja kuat disaat perjalanan mudik kalian hanya perlu mengelola stres dengan baik. Kalian coba untuk meredakan stres saat perjalanan dengan mendengar musik  atau melakukan teknik relaksasi tujuannya untuk memenangkan perasaan anda.

 Demikian beberapa cara menjaga daya tahan tubuh, agar selalu  fit saat mudik, semoga bermanfaat.

Leave a Comment