Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas

Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas, Menu serba daging menjelang hari raya Qurban sudah menjadi sebuah tradisi di berbagai daerah. Baik orang orang yang menerima jatah daging ataupun tidak biasanya akan memasak daging pada hari tersebut.

Banyak orang yang menerima daging biasanya akan langsung mengolah daging menjadi hidangan yang akan disuguhkan kepada para tamu yang datang berkunjung pada hari tersebut.namun beberapa orang yang menerima daging juga iasanya tidak dapat mengolah daging secara langsung dengan suatu alasan, sehingga daging harus disimpan terlebih dahulu sebelum akan diolah.

Trik Cara Menyimpan Daging Idul Adha 

Menyimpan daging tentu tidak hanya menyimpannya saja, sebab kesalahan dalam menyimpan daging dapat membuat daging menjadi busuk dan mudah rusak sehingga daging akan dibuang secara percuma. Nah agar daging di rumah anda tidak terbuang secara percuma, mari simak tips dan cara menyimoan daging yang benar.

1. Hindari Cuci Daging

Sejumlah orang biasanya akan mencuci daging terlebih dahulu sebelum disimpan dengan tujuan agar daging menjadi lebih bersih. Hal tersebut memang benar, namun mencuci daging sebelum disimpan tidaklah direkomendasikan, sebab mencuci daging dapat membuat bau tak sedap yang dimiliki daging jadi semakin kuat. Selain dari itu Air yang menyerap ke dalam serat daging pun bisa membuat kualitas daging menurun. Hal inilah yang bisa membuat daging kurban jadi cepat rusak.

2. Potong Sesuai Takaran

Sebelum anda memasukan daging ke dalam kulkas, ada baiknya jika anda memotong daging terlebih dahulu dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah yang akan dikonsumsi setiap hari. Selain memudahkan anda dalam mengambil daging yang sesuai dengan keperluan, memotong daging dalam jumlah yang cukup juga akan memudahkan anda dalam mencairkan daging ketika hendak dikonsumsi nantinya.

3. Masukkan di Wadah Kedap Udara

Sebelum anda masukan daging ke dalam kulkas, ada baiknya jika anda memasukan daging terlebih dahulu ke dalam wadah yang kedap udara. Ini bertujuan agar kualitas daging tetap terjaga dan cairan atau tetesan air dari temperatur yang tinggi tidak meresap pada daging.

4. Simpan di Dalam Freezer

Cara menyimpan daging selanjutnya adalah dengan menyimpannya ke dalam freezer. Dilansir dari Food and Drug Administration, daging yang dimasukkan ke dalam kulkas dengan suhu -18 derajat Celcius bisa tahan 1-2 bulan di freezer. Namun jika anda berencana ingin menyimpan daging hanya dalam waktu dekat seperti 1 atau 2 hari saja maka suhu 4 derajat celcius sudah cukup aman untuk daging yang hendak disimpan.

5. Masukkan ke Rak Khusus Daging

Jika daging dalam kondisi yang beku, ada baiknya jika daging tidak langsung diolah. Tiriskan atau cairkan daging terlebih dahulu dengan menyimpannya di rak khusus daging.  Rak khusus daging bisa membantu mencairkan daging yang beku secara perlahan. 

6. Rendam Daging

Jika anda tidak memiliki rak khusus daging, maka anda bisa menggunakan metode merendam daging sebelum diolah. Ketika anda hendak merendam daging dengan tujuan untuk mencairkannya, ada baiknya jika anda memasukan daging ke dalam wadah kedap air. Ini bertujuan untuk menjaga air tidak meresap kedalam daging yang mungkin saja akan merusak kualitas daging sebelum akan diolah.

Nah itulah beberapa cara menyimpan daging agar awet dan tahan lama. Semoga cara yang telah di jelaskan di atas dapat bermanfaat dan membantu anda untuk menyimpan daging agar tidak mudah rusak.

Leave a Comment