Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau

Cara Mudah Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau, Saat perayaan Idul Adha, setiap rumah biasanya akan kebanjiran daging Qurban yang dibagikan secara gratis dari para panitia Qurban, terutama daging kambing dan daging sapi.

Walaupun anda merupakan penggemar olahan daging sapi dan kambing, bukan berarti anda adalah orang yang pandai dalam memasak dan mengolah daging sendiri. Pasalnya, mengolah daging terbilang gampang gampang susah. Salah cara dalam memasak dapat membuat daging menjadi alot dan prengus.

Walaupun Anda termasuk penggemar hidangan daging kambing dan sapi, bisa jadi Anda bukan termasuk yang gemar memasaknya sendiri di rumah. Pasalnya mengolah daging memang gampang-gampang susah. Salah cara memasak, bukannya jadi menu Idul Adha yang lezat, malah jadi masakan yang alot dan prengus.

Cara Mudah Mengolah Daging Tidak Prengus dan Alot.

ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging yang juga dapat membuat daging menjadi lebih empuk. apa saja caranya.? simak tips berikut ini

Singkirkan Lemaknya

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging adalah dengan cara menyingkirkan bagian lemak pada daging, bagian lemak yang terdapat pada bagian daging merupakan salah satu penyebab dari timbulnya bau prengus pada daging.

Untuk menyingkirkan lemak tersebut, anda bisa membekukan daging terlebih dahulu, dan kemudian jika bagian daging telah beku, maka anda bisa dengan mudah menyingkirkan lapisan lemak yang terdapat pada daging.

Jangan Dicuci

Normalnya, sebagian banyak orang biasanya akan mencuci daging terlebih dahulu sebelum dimasak. mencuci daging sebelum dimasak sebenarnya dapat memperkuat bau prengus yang ada pada daging. Maka dari itu, ada baiknya jika anda langsung merebus daging saja tanpa mencucinya terlebih dahulu

Taburi Garam

Apabila daging sudah terlanjur dicuci, maka anda bisa menaburkan garam pada daging untuk meminimalisir bau prengus yang menguat pada daging.  Taburkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

Rebus dengan Rempah-Rempah

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir bau prengus pada daging adalah dengan cara merebusnya menggunakan bahan rempah rempah. Aroma khas rempah rempah yang tajam mampu mengurangi bau prengus yang ada pada daging sehingga aroma khas dari rempah rempah tercium saat daging telah diolah menjadi masakan.

Baluri dengan Parutan Nanas

Tidak hanya bau prengus saja yang kadang menjadi masalah pada olahan daging, namun daging yang alot juga menjadi salah satu masalah yang membuat daging menjadi terasa kurang enak. Agar daging tidak alot dan menjadi empuk, anda bisa memanfaatkan parutan buah nanas.

Getah nanas yang tajam juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Selain itu juga bisa membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Taburi dengan Parutan Pir

Selian menggunakan buah nanas, anda juga bisa menggunakan buah pir untuk membuat daging menjadi empuk. Buah pir kerap kali menjadi bahan untuk mengolah daging di luar negeri. Untuk cara dan prosesnya sama saja dengan cara menggunakan buah nanas yang dimana anda bisa memarut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

Bungkus dengan Daun Pepaya

Jika anda merasa keberatan menggunakan buah pir dan buah nanas, maka anda bisa menggunakan daun pepaya. Ambil beberapa helai daun pepaya dan kemudian gunakan untuk membungkus daging. Namun sebelum digunakan, pastikan daun pepaya sudah dicuci hingga bersih.

Itulah beberapa cara mengolah daging qurban agar tidak prengus dan alot sehingga mampu diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat disantap.

Leave a Comment