Dalil Satu Hewan Qurban Bisa Berbanyak

Dalil satu hewan qurban bisa berbanyak. Di Negara kita Indonesia ini ada  keanehan yang bisa kita temui . pada setiap tahunnya secara bergiliran   pada setiap keluarganya melakukan qurban,  biasanya diawali dengan orang tua bapak yang berqurban, di tahun  yang akan datang  baru yang berqurban ibunya, dan di tahun berikutnya  yang mendapat giliran adalah anaknya.  Padahal perlu kita ketahui kalau saja satu qurban contohnya satu hewan kambing atau 1/7 dari urunan sapi  bisa kita niatkan  untuk satu keluarga. Tetapi jika ingin berqurban lebih yang dikarenakan anggota keluarga yang memiliki jumlah yang banyak.  Maka diperbolehkan  dan juga  lebih Afdhol.  Berikut pembahasannya.

Berikut Dalil yang menguatkan pernyataan diatas, dari ‘ Atho’ bin Yasar, ia berkata, yang artinya,

“ Aku pernah bertanya pada Ayyub Al Anshori, bagaimana qurban di masa Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam ?”  Beliau menjawab, “ Seseorang biasa  berqurban dengan seekor kambing (diniatkan) untuk dirinya dan satu keluarganya. Lalu mereka memakan qurban tersebut dan memberikan makan untuk yang lainnya.”  ( HR. Tirmidzi no.1505 shahih)

Di dalam Zaadul Ma’ ad Al Hafizh Ibnul Qoyyim  berkata, “ Di antara petunjuk Nabi shallallahu ‘ alaihi wa salam, satu kambing sah untuk qurban satu orang beserta keluarganya walau jumlah mereka banyak. “

Di dalam  nailul Author. Asy Syaukani mengatakan , “ Yang benar Qurban kambing boleh diniatkan untuk satu keluarga walaupun di dalam keluarga tersebut terdapat 100 jiwa atau lebih.”  

Di dalam   Syarhul Mumthi  Syaikh Muhammad bin Shohih Al ‘ Utsaimin  berkata . “  Kolektif dalam pahala qurban tidaklah terbatas . Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam pernah berqurban untuk seluruh umatnya. Ada juga seseorang ( di masa Nabi shallallahu ‘ alaihi wa sallam) yang berqurban dengan satu kambing untuk dirinya beserta  keluarganya walau jumlahnya 100.”

 Demikian penjelasan tentang dalil satu hewan Qurban bisa untuk berbanyak. Perlu juga kita ketahui , jika di dalam melaksanakan qurban kita bisa menyembelih lebih dari satu maka itu lebih baik .

Leave a Comment