Doa Disaat Menyembelih Qurban

Doa Disaat Menyembelih Qurban. Banyak  masyarakat muslim masih awam dengan doa ketika menyembelih Qurban . dan di saat ditanya, mereka malah balik bertanya Apa doa yang dibaca ketika menyembelih Qurban? Untuk menjawab pertanyaan tersebut .  adalah  sebagai berikut.

Di dalam Shahih Muslim Terdapat hadits dari ‘Aisyah,

“Nabi pernah memerintahkan agar di ambilkan gibas(domba jantan) bertanduk, kuku dan perutnya hitam dan sekeliling matanya hitam. Lalu gibas tersebut dibawaa ke hadapan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk dijadikan qurban. Beliau pun bersabda, “Asahlh dengan batu pengasah.” Kemudian ‘Aisyah mengasahnya dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaringkan hewan tersebut lalu menyembelihnya . saat menyembelih, beliau mengucapkan ,” Bismillah, Allahuma taqobbal min Muhammad wa aali Muhammad , wa min ummati Muhammad ( Artinya : dengan enyebut nama allah, Ya Allah terimmalah Qurban n uhammad , keluarga Muhammad dan Umat Muhammad).” ( HR. Muslim no 1967).

Berikut faedah dari hadits diatas

  1.       Agar diterimanya qurban Disunnahkan membaca doa dengan membaca “Allahumma taqobbal minni”( Ya Allah , terimalah qurban dariku).  Doa ini diucapkan setelah mengucapkan “Bismillah” Seperti yang sudah dijelaskan pada hadist yang sudah lewat.pembacaan doa ini  diucapkan jika yang menyembelih atas nama diri sendiri. Tetapi kalau menjadi wakil dari orang lain, maka doa yang akan diucapkan adalah “Allahumma taqobbal min ….”( disebutkan nama shohibul qurban atau pemilik qurban). Mayoritas (Jumhur)  para ulama mengatakan bisa juga menggunakan bacaan yang telah disebut di dalam ayat, yang artinya,

“Ya Rbb kami, terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah yang maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”( QS .A Baqarah : 127).

 Bacaan saat menyembelih Qurban

 Bismillah Wallahu Akbar , Allahumma minka wa ilaika, fataqabbal min … ( Sebut nama shahibul qurban)

[Artinya : Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar, Ya Allah , qurban ini dari-Mu dan Untuk- Mu, Terimalah qurban…] ( Sumber : Kifayah Al-Akhyar)

  1.       Dalam hadits bisa diambil hikmah pelajaran kalau seseorang boleh berqurban dengan atas nama dirinya sendiri dan juga keluarganya dengan satu Qurban. Mereka akan berserikat dalam pahala.

Begitulah  isi Doa Disaat  Menyembelih Qurban, semoga bisa bermanfaat buat kalian para pembaca artikel ini.

Leave a Comment