Doa Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak

Doa Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak, Mimpi adalah bunga tidur yang ada kalanya mampu diingat dan dilupakan. Dalam alam mimpi, segala hal yang tidak mungkin terjadi di dunia dapat terjadi di alam mimpi. Berbagai hal dapat  terjadi seperti mendapat kabar bahagia, menegangkan, mengharukan, terbang, melayang, hingga hal hal menakutkan atau mimpi buruk.

Doa Mimpi Buruk agar Tidur Lebih Nyenyak

Setiap orang pasti tidak ingin mengalami yang namanya mimpi buruk, namun dikarenakan mimpi datang secara tiba tiba dikala kita tertidur, maka cukup sulit untuk dihindari. Namun meskipun demikian, masih ada upaya yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya, yaitu dengan membaca doa mimpi buruk kepada Allah SWT agar memperoleh perlindungannya.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Menjelang akhir zaman, hampir tidak ada mimpi yang dilihat Muslim tidak akan menjadi kenyataan. Orang yang mimpinya paling jujur adalah orang yang ucapannya paling jujur. Mimpi Muslim merupakan salah satu dari empat puluh lima bagian Nubuat. Mimpi ada tiga jenis: mimpi baik yang merupakan kabar baik dari Allah; mimpi yang menyebabkan kesusahan, yang datang dari Syaitan; dan mimpi tentang hal-hal yang sedang dipikirkan seseorang… ”(HR. Muslim, 2263)

Nabi telah memberi tahu kita terkait bagaimana cara melepaskan diri dari pengaruh syaitan selama tidur. Hal tersebut dapat dicapai dengan membaca ayat ayat Suci Al Quran yang telah diriwayatkan dari beliau sebelum tidur.

Bacaan Doa Mimpi Buruk

Ada dua doa yang dianjurkan dibaca ketika terbangun dari mimpi buruk. Di riwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa pertama adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Selain itu, ada pula doa mimpi buruk yang dapat dibaca, yaitu:

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya:  “Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Sunnah dari Rasulullah SAW setelah Mimpi Buruk

Mimpi adalah suatu hal yang tidak dapat kita hindari ketika tertidur. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan memberikannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya.” [Al-Bukhaari, 6584; Muslim, 5862]

Hadis riwayat menjelaskan bahwa meskipun mimpi buruk berasal dari syaitan, namun pada hakikatnya, semua hal tersebut terjadi karena kehendak Allah SWT. Maka dari itu, ada baiknya untuk kita selalu meminta perlindungan dari Allah SWT.

Selain membaca doa, anda juga bisa mengikuti sunnah dari Rasulullah SAW, di kala anda telah mengalami mimpi buruk.

1. Segera Minta Perlindungan dari Allah SWT

Apabila anda terbangun yang dikarenakan oleh mimpi yang buruk, maka segeralah untuk membaca ta’awudz sebanyak tiga kali sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

A’udzu billahi minasy syaithanir rajim

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.”

 

2. Jangan Ceritakan ke Orang Lain

Rasulullah SAW  bersabda 

“Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya.” (HR. Al Bukhari)

Leave a Comment