Hadits Tentang Qurban Beserta Artinya

Berikut Dalil Tentang Qurban yang terdapat di dalam Alquran.

  1.       QS . Al –Kautsar Ayat dua tentang perintah Qurban

Artinya: “ Maka kerjakanlah shalat karena Tuhanmu , dan berqurbanlah  (Sebagai Ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)”

  1.       QS. AL Maidah Ayat 27 .

Artinya “ Dan ceritakanlah (muhammad) yang sebenarnya kepada mereka tentang kisah kedua putra Adam, ketika keduanya mempersembahkan qurban , maka (qurban ) salah seorang dari mereka berdua (habil) diterima dan yang lain ( Qabil) tidak diterima. Dia ( Qabil) berkata , ‘ sungguh , aku pasti membunuhmu!’ dia (Habil) berkata, ‘ Sesungguhnya Allah hanya menerima (amal) dari orang yang bertaqwa”

  1.       QS. As – Saffat ayat 102

Artinya “Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata:’ Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam Mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!’ Ia menjawab: ‘ Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, Insya allah kamu akan mendapati ku termasuk orang –orang yang sabar” .

  1.       QS. Al-Hajj ayat 34

Artinya “ Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syariatkan penyembelih(Qurban) supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang  ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan yang Maha esa, Karena itu berserah dirilah  kamu kepadaNya, dan berilah kabar gembira pada orang-orang yang tunduk (patuh) pada Allah.”

  1.       QS. Al Hajj ayat 37

Artinya “ Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan ) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah- Nya kepada kamu . Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik” .

Leave a Comment