Ini 5 Mitos Malam 1 Muharram Yang perlu Diketahui

Ini 5 Mitos Malam 1 Muharram Yang perlu Diketahui. Peringatan tahun baru islam atau  1 muharram  sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia apalagi  bagi masyarakat jawab , pada malam 1 muharram bagi masyarakat jawa dianggap sakral dan mistis. Adapun orang yang memilih untuk menyepi untuk bersemedi di tempat sakral seperti puncak gunung , tepi laut, pohon besar, atau di makam-makam keramat.

Perlu diketahui  pada malam 1 muharram yang sebenarnya adalah malam yang penuh dengan kemuliaan untuk seluruh umat islam.  1 muharram adalah tanggal yang penting untuk memperingati hijrahnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam Dari mekkah ke madinah.

Di Indonesia ternyata banyak beberapa kalangan masyarakat melakukan ritual dan tradisi , dan banyak juga mitos yang menyelimuti malam 1 muharram ini.

Berikut ini 5 mitos 1 muharram yang perlu diketahui

  1.   Arwah leluhur  akan kembali ke rumah

Walaupun sudah semakin berkembang luas, tetapi masih saja ada di kalangan yang lain  masih meyakini kalau pada  malam 1 muharram, arwah leluhur  mereka akan pulang ke rumah.oleh karena itu adanya larangan untuk keluar rumah di malam 1 muharram dengan tujuan untuk menyambut arwah leluhur yang hadir .

  1.   Dilarang untuk Pindah rumah

Pada masyarakat jawa ada pantangan untuk melakukan pindah rumah pada malam 1 muharram. sebagian masyarakat percaya untuk tidak melakukan pindahan rumah karena dipercayai bukan hari yang baik.

Sama dengan pantangan untuk bepergian, pantangan pindah rumah ini sangat dipercaya akan mendapatkan kesialan ketika dilanggar.

  1.   Makhluk Gaib atau halus bergentayangan

Adanya mitos yang begitu menyeramkan yaitu akan ada makhluk halus yang bergentayangan pada malam 1 muharram. konon katanya pada malam 1 muharram sangat identic dengan adanya pesta makhluk halus,  oleh karena itu mereka akan keluar di malam yang dikeramatkan ini.

  1.   Dilarang membuat pesta

Adanya pantangan untuk budaya di jawa kalau orang tua  menikahkan anaknya di bulan muharram. adanya keyakinan mereka yang mengatakan , kalau saja tetap melakukan acara pernikahan maka keluarga akan mendapatkan kesialan.

Dan banyak juga yang mengatakan itu hanya mitos belaka

  1.   Tidak Boleh Keluar Rumah

Terdapat kepercayaan mistis yang membuat sebagian orang percaya pada mitos dan pantangan yang harus dipatuhi  pada malam 1 muharram. contohnya saja , di masyarakat jawa sangat percaya lebih baik berdiam diri dirumah di malam tahun baru jawa ini. 

Kalau saja tetap nekat pergi keluar rumah maka ada mitos yang mengatakan akan terkena kesialan dan hal buruk akan datang menimpa.

Dalam menyambut tahun baru hijriyah bukanlah dengan memperingatinya dan memeriahkannya . tetapi yang harus kita selalu ingat adalah dengan bertambahnya waktu, maka semakin dekat pula kematian.  Sungguh hidup di dunia hanyalah sesat dan semakin  bertambah nya waktu  kematian  juga semakin mendekat. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Bersabda,

“Aku tidaklah mencintai dunia dan tidak pula mengharap-harap darinya. Adapun aku tinggal di dunia tidak lain seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon dan beristirahat, lalu meninggalkannya.” (HR. Tirmidzi no. 2551. Dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Shohih wa Dho’if Sunan At Tirmidzi)

Hasan Al Bashri mengatakan, “Wahai manusia, sesungguhnya kalian hanya memiliki beberapa hari. Tatkala satu hari hilang, akan hilang pula sebagian darimu.” (Hilyatul Auliya’, 2/148, Darul Kutub Al ‘Arobi.)

Semoga Allah memberi kekuatan di tengah keterasingan. Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi sempurna.

Leave a Comment