Ini Dia Konsep Pеlеѕtаrіаn Lіngkungаn Menurut Iѕlаm

Lingkungan adalah segala sesuatu yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan. Sedangkan lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar makhluk hidup (organisme) yang mempunyai pengaruh timbal balik terhadap makhluk hidup tersebut.

Kajian tentang perlindungan lingkungan berarti menjaga keberadaan lingkungan hidup tetapi selamanya permanen dan tidak akan berubah. Menjaga lingkungan adalah satu hal penting demi kelestarian makhluk hidup.

Perlindungan Lingkungan Menurut Islam

Penyimpangan alam, bencana dan bencana yang terjadi di alam disebabkan oleh aktivitas manusia. Pengelolaan lingkungan bertujuan untuk mencapai keselarasan dalam hubungan antara manusia dengan lingkungan.

Gunung, batu, air dan udara adalah sumber daya alam. Ketika bumi dan segala isinya dibawa oleh Allah kepada manusia, baik yang di langit dan di bumi, di darat dan di laut dan di sungai, matahari dan bulan, malam dan buah-buahan, tumbuh-tumbuhan

Harmoni diri dalam Islam mengenal empat hal, yaitu: keselarasan dengan Tuhan, keselarasan dengan alam.

3 Konsep pelestarian lingkungan menurut Islam

Islam sebagai agama yang sangat besar, telah memberikan 3 pertimbangan mengenai pengelolaan lingkungan yang sesuai dengan Islam.

  • Koneр Hima’

Secara umum, Hima’ berarti wilayah tertentu yang memiliki sejumlah larangan perburuan dan pengelolaan tanaman.

  • Ihya al-mawat

Lagi pula, al-mawat adalah upaya untuk memulihkan, mengelola, dan mengolah tanah yang sebelumnya tidak terjamah oleh manusia, atau Islam telah menganjurkan agar manusia mensejahterakan tanah (bumi) yang diamanatkan oleh Allah.

  • Al-mat 

Al-mat adalah gabungan dari dua bidang, yaitu apa yang telah dilakukan (sha) dan apa yang belum dilakukan. Hal ini harus diperhatikan karena kawasan lahan yang mengandung sumber air harus dilindungi. Air sebagai mata kehidupan sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup.

Dengan melarang keras perusakan bumi, Islam juga memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan dan menghormati alam semesta yang meliputi alien, manusia, dan alam semesta yang tumbuh. Pelestarian alam dan lingkungan tidak lepas dari campur tangan manusia, kerusakan lingkungan merupakan konsekuensi dari turunnya tingkat kepercayaan manusia.

Dalam Islam, manusia memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian alam (lingkungan). Islam adalah agama yang memandang lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari keselamatan setiap orang kepada Tuhan.

Bentuk rasa aman masyarakat dapat dilihat dari perilaku manusia sebagai khalifah atas lingkungan. Islam memiliki konsep yang sangat detail terkait dengan pemeliharaan dan pelestarian alam (lingkungan).

Leave a Comment