Ini Tips Mengolah Dan Menyimpan Daging Kurban Biar Tetap Awet

ini tips mengolah dan Menyimpan daging kurban biar tetap awet.  Hari raya idul adha  akan ada  yang namanya pemotongan hewan kurban.  Hewan kurban yang sudah dipotong akan dibagikan ke masyarakat sekitar atau dibagikan ke yayasan yatim piatu atau juga bisa dibagikan kepada yang lebih membutuhkan , tetapi secara umum daging tersebut akan dibagikan ke masyarakat sekitar.

Beruntunglah kalian yang disekitarnya  banyak yang melakukan pemotongan hewan kurban. Ingin Membuat begitu banyak daging kurban yang akan kalian dapatkan.  Maka dari itu tidak mungkin dalam sehari mengolah daging keseluruhannya . tentunya  tidak akan habis termakan. 

Kalian pastinya akan merasa bingung bagaimana cara mengolah dan menyimpan dengan baik jatah daging kurban yang kalian dapatkan .  dan mayoritas orang disaat mendapatkan daging kurban akan diolah menjadi sate atau gulai. Itupun sebagian saja yang diolah dan sisanya tentunya perlu disimpan untuk di olah di hari berikutnya.

Daging kurban lebih baik langsung dimasak . dan tata cara memasak atau mengolah daging kurban  yang pertama adalah  kalian harus memasak dengan benar dan matang. Dengan tujuan supaya membunuh bibit-bibit penyakit yang mungkin berada pada daging.

Setelah itu, kalian bisa membuang bagian yang gosong atau kerak pada tempat pemanggangan kalau akan mengolah daging kurban dengan cara dipanggang. Pada bagian  yang hitam (dari daging panggang)  langkah baiknya jangan kalian konsumsi. Karena tidak bagus untuk kesehatan.

CARA MENYIMPAN DAGING KURBAN

Setelah pemotongan hewan kurban , sudah barang tentu masyarakat yang disekitarnya banyak yang melakukan pemotongan hewan qurban, tentunya akan mendapatkan jatah daging yang lumayan cukup banyak yang tidak bisa diolah semuanya.

Tempat penyimpanan daging yang paling bagus kalau kalian tempatkan di dalam kulkas. Tetapi ketika menyimpan daging tidak bisa sembarangan  supaya daging selalu dalam kondisi baik. Berikut tips cara menyimpan daging dengan baik :

  1.   Tidak mencuci daging segar. Kalau kalian mencuci daging tersebut maka  secara langsung memberikan peluang untuk penyakit yang asalnya dari air mentah.
  2.   Kalian bisa memotong  kecil-kecil atau menggiling sesuaikan dengan  kebutuhan ketika masak.
  3.   Kalian bagi potongan daging yang sudah kalian potong berdasarkan kebutuhan masak dalam sehari.
  4.   Kalian kemas daging yang sudah dibagi ke dalam kantong plastik atau wadah tertutup rapat. Alangkah bagusnya lagi kalau di vakum(kalau punya alatnya)
  5.   Kalian taruh dahulu daging pada chiller hanya beberapa saat saja, baru kalian bisa simpan daging tersebut ke dalam freezer.

 Daging yang telah dibekukan dan simpan ke dalam freezer kan bisa membuat daging tahan lama. Supaya struktur daging selalu tetap stabil. Dan bisa juga akan lebih empuk.

 Daging akan mengalami proses rigormortis (kejang-kejang) pada proses pendinginan .pembekuan yang mendadak akan menjadi merata .

  1.   Pindahkan daging dari freezer  ke chiller  sebelum diolah

Sebelum diolah daging yang disimpan di dalam freezer sebaiknya jangan langsung dikeluarkan tetapi dipindahkan dahulu di chiller .dalam proses pencairan  atau thawing di chiller dapat berlangsung merata  yang membuat struktur pada daging akan tetap bagus ketika digunakan.

 Kalau proses pencarian dilakukan dengan mendadak. Kan membuat struktur pada daging kurban akan rusak dan akan banyaknya drip atau air  bersama isi plasma sel, yang keluar.

 Begitulah ini tips mengolah dan menyimpan daging kurban  biar tetap awet. Semoga bermanfaat

Leave a Comment