Inil 5 Sumber Rezeki Menurut Alquran

Inil 5 Sumber Rezeki Menurut Alquran, Allah menurunkan rezeki tidak selamanya berbentuk uang dan harta. Dapat bernafas, berjalan, kebahagiaan dan lainnya juga merupakan rejeki yang tidak ternilai dengan uang. Mendapatkan jodoh yang soleh dan soleha, yang mampu menjalankan peran rumah tangga yang baik juga termasuk dengan rejeki.

Sumber Rezeki Menurut Alquran

Al Quran adalah kitab yang menjadi pedoman hidup bagi umat muslim. Di dalam Al Quran juga tercantum beberapa surat yang menjelaskan terkait rezeki. Beberapa firmahn Allah tentang rezeki telah dicantumkan pada beberapa ayat salah satunya sebagai berikut.

1. Sumber rezeki yang dijamin Allah

Allah SWT berfirman:

“Dan tidak ada satu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz).” (QS Hud: 6)

2. Rezeki yang tidak terduga

Allah berfirman SWT:

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan, barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya, Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS At-Thalaq: 3)

3. Rezeki karena menikah

Menikah adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari perbuatan zina. Dengan berlangsungnya pernikahan, maka hubungan antara dua insan akan dianggap sah, baik dalam kehidupan sosial maupun secara agama. 

Tidak perlu menunggu kaya untuk menghalalkan suatu hubungan, sebab Allah menjamin bagi mereka yang mau menikah.

Allah SWT berfirman:

“Dan kawinkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS An-Nur: 32)

4. Rezeki karena bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara berterima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Dengan bersyukur, kita dapat memperoleh kenikmatan atas segala sesuatu yang kita peroleh atas usaha dan jerih payah.

Allah SWT berfirman:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS Ibrahim: 7)

5. Rezeki karena sedekah yang dikeluarkan

Sedekah adalah suatu hal yang dianjurkan untuk dilakukan bagi umat Muslim. Ada banyak keutamaan bagi orang yang gemar bersedekah, salah satunya adalah magnet rezeki.

Allah SWT berfirman:

“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan, Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (QS Al-Baqarah: 245). Wallahualam.

Dalam hal melakukan sedekah, tentu harus didasari dengan rasa ikhlas dan bukan semata karena ingin mengharapkan suatu imbalan, sebab Allah Maha Mengetahui, manakah sedekah yang ikhlas dan mana sedekah yang hanya mengharapkan suatu timbal balik.

Itulah beberapa sumber rezeki yang tercantum di dalam Al Quran. Semoga penjelasan singkat yang telah kami berikan dapat bermanfaat.

 

Leave a Comment