Inilah Jawaban Al Quran Untuk Menghadapi Masalah

Masalah dan ujian di dunia ini merupakan takdir dari allah subhanahu wata’ala . dimana itu sudah konsekuensi kita sebagai manusia untuk menghadapi segala masalah dan ujian yang ada di dunia ini.  Kita terkadang merasa kenapa masalah ini begitu berat? Itu merupakan suatu bisikan syaitan yang telah mengganggu keimanan kita , agar selalu mengeluh dan tidak mencari solusi dalam setiap masalah.

Allah ta’ala memberikan kita masalah dan ujian sesuai dengan kemampuan kita maka tidak ada alasan untuk kita merasa masalah yang kita hadapi begitu berat . dan disaat kita dalam menghadapi masalah sudah berikhtiar semaksimal mungkin dan memulai berpikir yang sudah sesuai dengan akal dan pikiran , dan saat inilah kita akan mudah dipengaruhi oleh syaitan mengganggu abadi yang menyesatkan . maka kita sebagai seorang muslim yang beriman kepada Allah ta’ ala jangan lah pernah lupa dengan firman Allah

(155) Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (156) (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata, “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepadaNyalah kami kembali.)” (157) Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Baqarah: 155-157)

Kita telah mengetahui Masalah yang kita hadapi ini datang dari allah Subhanahu wata’ala . jadi agar kita mudah dan ringan dalam menghadapinya maka masalah tersebut kita kembalikan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala juga. Maka segala permasalahan akan terselesaikan dengan mudah.

(5) Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya. (6) Sekali-kali tidak! Sungguh, manusia itu benar-benar melampaui batas, (7) apabila melihat dirinya serba cukup. (8) Sungguh, hanya kepada Tuhanmulah tempat kembali. (QS. Al-‘Alaq: 5-8)

(109) Dan milik Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, dan hanya kepada Allah segala urusan dikembalikan. (QS. Ali ‘Imran: 109)

(28) … orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan berdzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. (Qs. Al-Ra’du: 28)

 SELALU TENANG DAN TIDAK PANIK

Dalam menghadapi masalah yang datang kepada kita, maka pikiran kita buatlah selalu tenang dan tidak panik dalam mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang kita hadapi. Seperti yang kita tuliskan di atas, kalau setiap masalah datangnya dari allah maka jalan keluarnya mintalah kepada allah dengan berdoa untuk memudahkan menyelesaikan masalah yang kita hadapi. Selalu mengingat segala yang terjadi pada kita semua datangnya dari allah Subhanahu wa ta’ala . maka segala permasalahan akan terasa mudah , hati dan pikiran akan merasa tenang

(18) Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang. (QS. An-Nahl: 18)

Allah memberikan nikmat yang begitu luas yang diberikan kepada kita sebagai manusia yang  hidup di dunia ini seperti  tubuh yang sehat , udara yang kita hirup setiap hari,pikiran kita yang waras dan kehendak bebas kita untuk bisa memilih yang mana yang baik dan mana yang buruk. Dan allah memberikan kehendak bebas kepada kita  manusia makhluk yang paling sempurna yang allah ciptakan dibanding ciptaan yang lainnya.  Tetapi terkadang kita manusia tidak bisa memanfaatkannya dengan baik. Padahal allah sudah memberikan petunjuk melalui al quran dan hadits  menjalani hidup.

(11) …. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan mereka sendiri. … (QS. Ar-Ra’d: 11).

Leave a Comment