Inilah Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya Menurut Islam

Inilah Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya Menurut Islam, Tidak ada orang yang ingin merasakan sakit. Semua orang pasti ingin merasakan kondisi yang selalu sehat, namun apalah daya, kehidupan tidak akan selamanya mulus. Akan ada masanya dimana kita merasakan sakit baik sakit hati, sakit badan, dan lain sebagainya.

Tips Terhindar dari Penyakit Berbahaya Menurut Islam

Maka dari situlah Islam mengajarkan kita untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat demi menghindari berbagai hal yang menjadi penyebab penyakit. Berikut ini ada beberapa tips agar terhindar dari penyakit yang berbahaya menurut Islam.

Mengkonsumsi Makanan yang Halal

Dalam Islam kita diajarkan untuk menghindari makanan mkanan yang haram dan mengkonsumsi makanan makanan yang halal. Hal tersebut tentu saja demi kebaikan dan kesehatan kita semua. dalam Islam terdapat beberapa jenis makanan yang diharamkan, salah satunya adalah babi.

Secara ilmiah ada banyak hal yang mengungkapkan bahwa babi merupakan makanan yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah infeksi cacing pita. Dalam daging  babi memiliki infeksi cacing pita atau taeniasis.

Apabila cacing tersemu terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh manusia, maka orang tersebut akan berubah menjadi larva. Selanjutnya, larva akan melanjutkan perjalanan menuju usus dan masuk ke peredaran darah. Selain itu, cacing pita juga dapat menyebar ke bagian lain dalam tubuh, seperti otot, mata, dan otak.

Menjaga Kebersihan

Nabi Muhammad SAW telah menegaskan bahwa untuk kita selalu menjaga kebersihan untuk menjaga kesehatan tubuh. Menjaga kebersihan tidak hanya sebatas menjaga kebersihan di lingkungan sekitar saja melainkan juga menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusaknya.

Menjaga Kesehatan Rohani

Menjaga kesehatan rohani juga menjadi hal yang dianjurkan di dalam ajaran Islam, Syekh Nawawi Al-Bantani dalam Kitab Maraqi Al-‘Ubudiyyah menjelaskan, doa juga merupakan salah satu wujud bahwa seorang hamba benar-benar menjalankan perintah Allah SWT. Sebagaimana Allah SWT berfirman di dalam Al Quran surat Al Mukmin ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Doa Agar Terhindar dari Penyakit

Berdoa juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar tehindari ari penyakit. Berikut ada beberapa doa yang dapat dipanjatkan agar tehindar penyakit.

Doa Agar Terhindar dari Penyakit yang Berbahaya

Dalam hadis dari Anas RA tersebut disebutkan bahwa Rasulullah SAW mengucapkan doa: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang (kulit), gila, lepra, dan dari keburukan segala macam penyakit.” (HR Abu Daud).

Doa Agar Terhindar dari Bala’

Ada dzikir yang bisa dibaca setiap pagi sebanyak tiga kali, yang dapat dihindarkan dari 70 macam bala’ atau penyakit oleh Allah SWT. Mulai dari penyakit yang paling ringan hingga penyakit paling berat, yakni:

بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ للهِ رب العالمين حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ

(Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin hamdan katsiran thoyyiban mubaarokan fiihi)

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan pujian yang banyak, baik dan keberkahan di dalamnya,”

Ini disebutkan dalam kitab Al-Adzkar dan Nuzhatul Majalis, yakni;

من قال حين يصبح ثلاثا بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ للهِ رب العالمين حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ صرف الله عنه سبعين نوعا من البلاء ادناها الهم

Artinya: “Barangsiapa ketika pagi membaca tiga kali; Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin hamdan katsiran thoyyiban mubaarokan fiihi, maka Allah menghindarkan darinya 70 macam bala’, yang paling ringan adalah kesedihan,”

Leave a Comment