Jangan Sampai Memberikan Nama Bayi Yang Dilarang Dalam Islam

Jangan Sampai Memberikan Nama Bayi Yang Dilarang Dalam Islam, Setiap bayi yang lahir pasti akan diberikan nama oleh para orang tuanya dan nama yang diberikan tersebut tentunya nama yang sudah dipertimbangkan dengan baik, karena seperti yang diketahui bahwa nama pada seseorang akan menjadi nama yang akan digunakan seumur hidup sehingga nama yang dipilih haruslah benar benar dipertimbangkan.

Nama yang diberikan pada seseorang kelak akan menjadi identitas pengenal dari orang tersebut yang akan digunakan untuk berbagai macam keperluan sehari hari.

Dalam memberikan nama biasanya para orang tua akan mengambil nama dari berbagai narasumber mulai dari asal daerah, bahasa, penggabungan nama orang tua, hingga dari dalam kitab kitab Al-Quran.

Bicara mengenai sebuah nama, dalam ajaran Islam kita dianjurkan untuk memilih nama nama bayi yang baik dan bagus, tidak hanya mengandung sebutan yang bagus saja melainkan juga memiliki makna yang baik dari nama yang diberikan. Agar para Ayah dan Bunda tidak salah dalam memberikan atau memilih nama untuk bayi, sebaiknya kethauilah beberapa nama yang dilarang di dalam Islam dan berikut akan kami bahas satu persatu.

  1. Nama yang artinya mengandung makna negatif

Memberikan nama nama bayi biasanya para orang tua akan memilih nama dengan makna dan arti arti tersendiri. Dalam ajaran Islam kita dilarang memberikan nama nama bayi yang mengandung makna yang negatif misalnya seperti Harb (perang), Murrah (pahit), Kalb (anjing), Hayyah (ular) dan Jahsy (kasar).

  1. Nama yang berhubungan dengan syahwat

Dalam memilih nama nama untuk bayi perempuan, sebaiknya anda tidak memilih nama bayi yang mengandung makna yang berhubungan dengan syahwat misalnya seperti Ahlaam yang bermakna ‘impian’, Ariij yang berarti ‘wangi’, serta Syaadiyah yang berarti ‘seorang biduanita’.

  1. Nama tokoh-tokoh yang dikenal zhalim

Seperti yang diketahui, pada zaman penyebaran agama Islam ada beberapa sejumlah toko h yang dinilai memiliki sifat dan perilaku yang kasar, nah bagi orang tua yang ingin memberikan nama untuk bayi sebaiknya hindari memberikan nama nama tersebut seperti Fir’aun, Qaarun dan Haamaan.

  1. Nama yang bermakna dosa dan maksiat

Para orang tua juga sebaiknya menghindari nama nama yang nengandung makna yang bermakna kepada dosa dan maksiat seperti Zhaalim dan Sarraq. Nama Zhaalim memiliki makna sebagai ‘orang yang lalim’. Sementara Sarraq artinya ‘pencuri’.

Nah itulah beberapa informasi terkait nama nama yang dilarang di dalam Islam, maka dari itu sebisa mungkin bagi anda para orang tua untuk menghindari memilih nama nama yang telah disebutkan di atas. 

Leave a Comment