Kenapa Qurban Sapi Harus 7 orang?

Kenapa Qurban sapi harus 7 orang? Adapun masyarakat  itu yang bertanya seperti ini. Tetapi qurban sapi tidak harus untuk 7 orang , untuk 1 orang pun bisa, tetapi  jika kita belum mampu membeli seekor sapi sendirian  kita bisa iuran bersama – sama untuk berkurban sapi. Untuk menjawab pertanyaan Kenapa Qurban sapi harus 7 orang ? berikut jawabannya.   Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘ anhu beliau mengatakan yang artinya:

 

“ Dahulu kami pernah bersafar bersama Rasulullah shallallahu ‘ alaihi wa sallam lalu tibalah hari raya Idul Adha maka kami pun berserikat sepuluh orang untuk qurban seekor unta, sedang untuk seekor sapi kami berserikat sebanyak tujuh orang [ HR. Tirmidzi no 905, Ibnu Majah no 3131, Tirmidzi mengatakan bahwa hadist ini hasan gharib, Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini Shahih, sebagaimana dalam Misykatul Mashobih 1469 [17.]

Jadi disaat kita ingin berqurban dengan cara ikut urunan sapi , maka masing-masing diperbolehkan untuk meniatkan dirinya dan keluarganya  mari kita simak fatwa  Al Lajnah Ad Da-imah berikut

Pertanyaan pertama: apakah boleh seorang muslim berqurban unta atau sapi untuk tujuh orang , terus masing-masing meniatkan untuk orang tua, anak,kerabat, pengajar dan kaum muslimin lainnya.  Dan apakah urunan tujuh orang tadi masing-masing diniatkan untuk satu orang (tanpa disertai yang lainnya) atau pahalanya boleh  untuk yang lainnya?

Jawabannya:  yang diajarkan , unta dan sapi dibolehkan untuk tujuh orang, setiap tujuh orang tersebut diperbolehkan meniatkan  untuk dirinya sendiri dan anggota keluarganya.

Yang menandatangani fatwa ini:

Anggota : ‘Abdullah bin Qu’ud, ‘Abdullah bin Ghodyan

Wakil ketua: ‘ Abdur Rozaq ‘ Afifi

Ketua : ‘ Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin baz [ Fatawa Al Lajnah Ad Da-imah lil Buhuts ‘Ilmiyah wal Ifta’, 11/405,Darul Ifta’].

Kita bisa menyimpulkan  untuk qurban sapi kenapa harus tujuh orang  karena  seperti yang dijelaskan di atas di dalam HR Tirmidzi  bahwa rasulullah pernah  melakukan qurban dengan sapi yang  untuk diniatkan untuk 7 orang.

Leave a Comment