Ketentuan Kurban Yang Benar Adalah

Dalam melakukan qurban, kita harus mengetahui syariat yang benar dan juga tata cara yang diajarkan oleh syariat dalam melakukan qurban

Ada berbagai hal yang harus dipahami dan diketahui dalam melakukan qurban berdasarkan syariat. Lebih jelasnya semua akan kita ulas di artikel kali ini.

Hukum Berkurban dalam Syariat Islam

Dalam syariat islam, melakukan qurban tentunya memiliki hukum yang harus dipahami sebelum melakukan qurban. 

Dalam hukum qurban yang sesuai dengan syariat dari islam adalah muakad atau sunnah yang dianjurkan. Bagi umat yang mendapatkan rezeki yang lebih saat hari raya idul adha dapat melakukan penyembelihan hewan qurban.

Di dalam kitab Al’Quran dijelaskan bahwa melakukan qurban bukanlah hal yang wajib namun sangat dianjurkan untuk melakukan qurban. Pahala yang akan diperoleh bagi orang orang yang melakukan qurban sangat besar, oleh karena itu bagi anda yang memiliki rezeki lebih silahkan melakukan qurban.

Syarat Hewan Qurban Sesuai Syariat

Dalam memilih hewan untuk qurban tentunya juga memiliki syarat, seperti yang dianjurkan dalam syariat, hewan qurban sebaiknya memenuhi beberapa hal

Cukup Umur

Dalam memilih hewan qurban sebaiknya umur dari hewan tersebut sudah memenuhi syarat usia, yang dimana jika anda menggunakan hewan qurban kambing, maka sebaiknya anda memilih kambing yang sudah memiliki usia 1 tahun, sementara untuk anda yang ingin qurban hewan sapi, pastikan bahwa sapi telah memasuki usia 2 tahun. Jika usia hewan belum memasuki usia tersebut maka belum bisa untuk dijadikan hewan qurban.

Tidak Cacat

Hal lain yang harus diperhatikan dalam menyiapkan hewan qurban, pastikan bahwa hewan qurban yang anda pilih tidak memiliki cacat, baik cacat yang terlihat jelas maupun cacat yang terlihat samar, maka dari itu saat anda hendak membeli hewan qurban, sebaiknya anda mengecek hewan tersebut dengan teliti.

Milik Sendiri

Hal yang utama harus diperhatikan dalam melakukan qurban, pastikan bahwa hewan tersebut merupakan milik anda sendiri. Jika anda tidak memiliki hewan sendiri, maka anda bisa membeli hewan qurban untuk menjadi milik sendiri.

Termasuk Hewan Ternak

Pastikan bahwa hewan yang anda pilih dalam qurban adalah hewan ternak seperti kambing, domba, sapi dan lain lain.

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Waktu proses penyembelihan hewan qurban jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah atau tepat pada saat memasuki hari raya idul adha. Anda juga bisa melakukan penyembelihan hewan qurban pada hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 11 sampai dengan 13 Dzulhijjah.

Saat menyembelih hewan qurban, pastikan bahwa anda memperhatikan beberapa hal berikut ini seperti

Penyembelih harus seorang muslim dan sudah berpengalaman dalam menyembelih hewan ternak.

Jangan mengasah pisau yang akan dilakukan untuk menyembelih di depan hewan qurban yang akan disembelih.

Pastikan pisau yang digunakan benar benar tajam

Pastikan bahwa hewan yang akan disembelih mengarah ke kiblat dan diposisikan menghadap ke kiri dengan posisi bagian lambung berada di bagian atas.

Saat hendak menyembelih injak bagian leher hewan yang akan disembelih

Sebelum menyembelih hendaklah mengucapkan basmalah dan dilanjutkan dengan mengucapkan takbir.

Saat penyembelihan juga dianjurkan untuk menyebut nama orang yang melakukan qurban.

Sembelihlah hewan dengan memotong tenggorokan, kerongkongan dan dua urat yang berada di bagian leher.

Kurang lebihnya seperti itulah tata cara menyembelih hewan qurban. Jika anda merasa ragu dalam melakukan penyembelihan atau melakukan qurban, sebaiknya anda serahkan kepada orang yang ahli di dalam bidang tersebut untuk menangani dan mempermudah proses qurban.

Leave a Comment