Keutamaan Bersedekah Yang Disebutkan Di Dalam Alquran

Keutamaan Bersedekah yang Disebutkan Di Dalam Alquran.  Di dalam ajaran islam  selalu didorong untuk melakukan sedekah atau berinfak dengan menyisihkan sebagian harta yang dimiliki.

Perlu kalian ketahui kalau sedekah  itu memiliki tujuan untuk mensucikan harta yang kalian miliki, memberi bantuan kepada sesama yang lebih membutuhkan. Dan juga dengan memperbanyak sedekah akan bisa menambah pahala kalian di akhirat kelak nanti.

Sedekah memiliki bentuk yang bermacam –macam,   Mulai dari hal yang sangat mudah dilakukan oleh setiap manusia dan  juga materi . Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam Bersabda.:  “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang  dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu. “ ( HR BUkhari)

Berikut ini  8 keutamaan bersedekah:

  1.   Meningkatkan rasa Bahagia

Dari penelitian yang ditemukan otak yang terkait dengan rasa bahagia yang tulus akan lebih aktif. Perasaan orang akan lebih baik ketika otaknya aktif dan terhindar dari stress.

Ketika seseorang yang mendapatkan bantuan dari seorang dermawan, Pastinya yang akan merasa bahagia.kalian perlu tahu kalau dermawan tersebut yang telah mengeluarkan bantuan hartanya tersebut akan merasakan yang sama dan bisa jadi lebih bahagia?

  1.   Memberikan usia yang panjang

Diketahui sebuah studi yang dipublikasikan di dalam jurnal kesehatan umum AS pada tahun 2013 menyebutkan kalau mereka yang aktif dalam membantu menolong orang lain atau meringankan tugas orang lain dapat terlindung dari dampak negatif stress. Yang membantu memperpanjang usia seseorang.

  1.   Sedekah Dapat menghapus Dosa

Rasulullah Shallallahu alaihi Wasallam Bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

  1.   Mengurangi Stres

Banyaknya harta yang menumpuk  kekayaan tidak dianjurkan di dalam agama. Ajaran islam sangat menganjurkan umatnya untuk selalu membagikan rezeki yang diperolehnya. Sebuah studi   menemukan kalau perilaku pelit atau kikir tidak  mau berbagi, dan takut harta kekayaannya berkurang , ternyata bisa meningkatkan stress.

  1.   Mencegah datangnya bencana

Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan: “Sungguh sedekah itu memiliki pengaruh yang luar biasa untuk mencegah berbagai macam bala bagi pelaku sedekah, meski ia seorang penggemar dosa, orang zalim atau bahkan orang kafir sekalipun.

Dengan sedekah, Allah mencegah berbagai macam bencana. Ini adalah perkara yang telah diketahui oleh semua manusia baik awam atau kalangan terpelajar. Semua penduduk bumi mengakui hal ini karena mereka telah membuktikannya.” (Al-Wabil Ash-Shayyib hal. 31)

  1.   Pahala orang yang sedekah bisa dilipatgandakan

Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18)

  1.   Sedekah tidak akan mengurangi harta

Disaat kita bersedekah maka harta yang nantinya kita dapatkan akan menjadi berkah, dan tidak berkurang sedikitpun, tetapi akan bertambah berkali-kali lipat ketika kalian bersedekah dengan hati yang ikhlas dan bersih. Karena setiap manusia sudah memiliki Rezeki masing-masing bisa jadi Allah menitipkan harta orang lain melalui rezeki yang kita dapat.

  1.   Orang yang Bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menceritakan tujuh jenis manusia yang mendapatkan naungan pada hari di mana ketika itu tidak ada naungan selain dari Allah, yaitu hari akhir.

Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah: “Seseorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalannya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.

Leave a Comment