Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak dalam Islam

Tidak hanya seorang anak saja yang wajib memenuhi kewajiban kepada orang tua, melainkan orang tua juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi terhadap anak. Dalam ajaran islam, anak adalah sebuah titipan dari yang kuasa dan berhak mendapatkan haknya dari kedua orang tua.

Segala perilaku seorang anak semasa di dunia tentu menjadi tanggung jawab dari kedua orang tua dan termasuk mendidik, dan mengasihi anak sudah menjadi tanggung jawab orang tuanya. 

Maka dengan demrikian, memberikan pengetahuan kepada seorang anak terkait ajaran ajaran islam sudah menjadi suatu hal yang wajib dilakukan oleh parang orang tua.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

“Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu akan ditanya tentang kepemimpinan. Orang laki-laki (suami) adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya. Istri adalah pemimin dalam rumah tagga suaminya dan akan ditanya tentang kepemimpinannya.” (HR. Bukhari juz 1, hal. 215).

Dalam hadits ini, kewajiban orang tua terhadap anak dalam merawat dan memberikan kasih sayang adalah hal yang patut dilakukan sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Kewajiban Orang Tua terhadap Anak dalam Islam

  1. Memberi Nama yang Baik

Kewajiban pertama yang harus dipenuhi oleh kedua orang tua terhadap anaknya adalah memberikan nama yang baik.

“Sesungguhnya kamu sekalian akan dipanggil pada hari kiamat dengan nama-nama kamu sekalian, maka perbaikilah nama kalian.” (HR. Abu Dawud).

Terkait pemberian nama yang baik ini sesuai hadits Nabi riwayat Abu Dawud, yakni kewajiban orang tua terhadap anak untuk memberikan nama anak sebaik mungkin artinya.

HR Tirmidzi juga menyatakan bahwa Rasulullah sangat peduli terhadap memberikan nama yang baik untuk anaknya, Sehingga beberapa kali ketika beliau menemukan nama yang tidak layak, tidak mengandung arti yang kurang baik, maka Ia akan mengubah dan mencari nama terbaik untuk anaknya.

  1. Memberi Anak Air Susu Ibu (ASI)

Setelah memberikan nama kepada anaknya, maka orang tua memiliki kwajiban untuk memberikan anak mereka ASI atau Air Susu Ibu, yang dimana sudah dijelaskan di dalam kitab suci Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 233.

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusunnya.” (QS. Al-Baqarah: 233).

Ini juga menjadi kewajiban ibu dalam keluarga dalam memberikan kasih sayang pada anaknya.

Tidak diragukan lagi kalau ASI adalah makanan pertama bayi yang besar manfaatnya. Ibnu Sina, seorang dokter kenamaan Islam menegaskan kalau penyusuan alami memiliki manfaat.

“Seorang bayi sebisa mungkin harus menyusu dari air susu ibunya. Sebab, mengulum puting susu ibu terkandung manfaat yang sangat besar dalam menolak segala sesuatu yang rentan membahayakan dirinya.”

Kewajiban orangtua terhadap anak yang harus dipenuhi ialah memberinya Air Susu Ibu (ASI). Hal ini pun sudah tertulis dalam kitab suci Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 233.

  1. Mendidik Anak dengan Baik

Kewajiban selanjutnya yang harus diberikan orang tua adalah pendidikan atau mendidik anak. Dalam hal mendidik tentu ada banyak yang harus diberikan mulai dari mengajarkannya akan sopan santun, berperilaku baik, memahami ajaran agama masing masing, mengenal diri sendiri dan orang lain, dan tentu masih ada banyak lagi hal hal yang wajib diberikan oleh para orang tua kepada anak mereka masing masing yang menyangkut dalam hal mendidik mereka.

Nah itulah beberapa kewajiban orang tua yang harus dipenuhi terhadap an ak mereka masing masing, bagi orang tua yang sudah mengajarkan kepada anak mereka akan hal hal yang baik, niscaya kelak hal tersebut akan menjadi buah manis yang akan dipetik oleh kedua orang tua.

Leave a Comment