Kisah Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam Dari Lahir Hingga Wafat

Kisah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam dari lahir Hingga Wafat. Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam Adalah  Muhammad bin Abdillah bin Abdul Muththalib bin Hasyim. Hasyim dari Quraisy dan Quraisy dari Arab, dan Arab dari keturunan Ismail bin Ibrahim Al-Khalil ‘alaihis Salam.

Rasulullah usianya hanya sampai 63 tahun .  40 tahun sebelum kenabian dan 23 tahun sebagai nabi dan Rasul.  Awal kenabian Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dengan turunnya wahyu surat Al-‘Alaq dan kerasulan dengan turunnya wahyu surat Al-Muddats-tsir. Negeri beliau Makkah.

Allah mengutus beliau sebagai pemberi peringatan dari kesyirikan dan mengajak kepada tauhid. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

“Hai orang yang berselimut, bangunlah, lalu berilah peringatan! dan Tuhanmu agungkanlah, dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa tinggalkanlah, dan janganlah kamu memberi agar memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan karena Tuhanmu, bersabarlah.” (QS. Al-Muddatsir [74]: 1-7)

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diperintahkan berdakwah mengingatkan syirik dan mengajak untuk bertauhid.

  •         Qum fa-andzir: peringatkanlah kesyirikan dan ajaklah bertauhid.
  •         Wa rabbaka fakabbir: agungkanlah Allah dengan bertauhid.
  •         Wa tsiyabaka fathohhir: bersihkan amalmu dari syirik.
  •         Warrujza fahjur: perbuatan dosa tinggalkanlah, maksudnya, tinggalkanlah ashnam dan bebaskan diri dari syirik dan pelaku syirik.

Beliau mendakwahkan tauhid selama 10 tahun. Lalu beliau melakukan israk dan mikraj, untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu dari sebelumnya diperintahkan 50 waktu shalat.

Tiga tahun beliau melakukan shalat yang wajib di Makkah. Setelah itu, beliau hijrah ke Madinah.

Wafatnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam

Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam  mulai sakit dari akhir bulan safar dan awal Bulan rabiul Awwal

Ketika akan meninggal dunia, Abu Bakar sudah ditunjuk jadi imam menggantikan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pada hari Senin, 12 atau 13 Rabiul Awwal tahun 11 Hijriyah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal dunia.

Hari lahir nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Senin, bulan Rabiul Awwal tahun Gajah, tetapi tanggal tidak jelas. Beliau dikuburkan pada hari Rabu setelah penunjukkan khalifah selanjutnya, yaitu Abu Bakar.

Tentang Islam itu Sempurna

Nabi Muhammad diutus untuk seluruh manusia.

Rasul Muhammad diutus kepada manusia, dan bangsa jin.

Dalil kesempurnaan Islam adalah surah Al-Maidah: 3.

  •         Islam itu kekal sampai hari kiamat.
  •         Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan seluruh masalah agama, baik dengan ucapan, perbuatan, taqrir (ketetapan), atau jawaban bagi suatu pertanyaan.
  •         Setiap perintah nabi pasti baik, setiap larangan pasti berdampak buruk.
  •         Seluruh perintah agama ini mudah dan ringan.

Cara membantah orang yang mengingkari hari berbangkit

  1.   Hari berbangkit itu sudah ditunjukkan dalam berbagai macam kitab samawi yang dibawa oleh para rasul. Semua umat manusia menerimanya.
  2.   Logika juga membuktikannya: (a) kita itu dari tidak ada, menjadi ada, lalu mati; berarti kalau sudah ada, dibangkitkan kembali itu sangat-sangat mungkin; (b) Allah mewujudkan makhluk yang besar yaitu langit dan bumi, maka untuk mengembalikan manusia amat mudah bagi Allah; (c) bumi yang kering, bisa dihidupkan kembali dengan diturunkan hujan, maka manusia bisa pula dibangkitkan.
  3.   Dalam surah Al-Baqarah ayat 259 disebutkan ada orang yang dimatikan 100 tahun, lalu dihidupkan kembali, begitu pula keledainya dihidupkan kembali setelah jadi tulang belulang.

4.   Manusia itu dibangkitkan karena harus ada hari pembalasan, itulah yang menunjukkan keadilan.

Leave a Comment