Makna Warna dalam Islam

Makna Warna dalam Islam – Warna adalah sebuah media yang mampu memberikan kesan identitas tertentu. Pada dasarnya setiap orang akan memilih warna yang berdasarkan dengan selera dan kesukaan mereka masing masing.

Warna memiliki suatu kekuatan untuk menyampaikan dan mengkomunikasikan arti dan sebuah pesan tanpa harus mengkomunikasikan suara yang sekaligus warna juga mampu menjadi sebuah identitas dari suatu hal sehingga hanya dengan melihat warna seseorang dapat dengan mudah mengenal suatu media yang memanfaatkan warna sebagai media identitas tersendiri. Lantas, bagaimana makna warna dalam pandangan Islam ? 

Hukum warna dalam Islam adalah mubah alias netral. Ada beberapa warna yang disebutkan dalam Al-Quran, yaitu warna putih dan hijau. Pakaian dengan warna yang putih dianggap sebagai warna yang terbaik, pasalnya warna putih adalah warna yang suci bersih dan sampai-sampai dikatakan dalam sabda Nabi Muhammad SAW bahwa pakaian tersebut (putih) yang lebih baik dan lebih bersih. Karena memang seseorang yang mengenakan pakaian ini terlihat indah dan bersih. Juga si pengguna akan senantiasa menjaga bajunya agar tidak terkena kotoran.

Dalil yang menunjukan hal ini adalah hadis riwayat Abu Daud No. 4061. “Pakailah pakaian putih karena pakaian seperti itu adalah sebaik-baik pakaian kalian dan kafanilah mayit dengan kain putih pula.” Begitu pula Nabi Muhammad SAW memberi teladan memakai pakaian putih. Dalam hadis Abu Dzar r.a. disebutkan, “Aku pernah mendatangi Nabi SAW dan beliau dalam keadaan tidur dan ketika itu mengenakan pakaian putih.” (H.R. Muslim No. 94).

Selain putih, warna hijau juga memiliki keistimewaan dalam Islam. Ada banyak perkataan hijau di dalam ayat-ayat Al-Quran dan menjelaskan keadaan penghuni jannah ataupun segala yang ada di sekelilingnya berupa kenikmatan, suasana kesenangan, dan ketenangan jiwa.

Dalam surah Al-Insan: 21 ditegaskan, “Mereka di dalam surga memakai pakaian HIJAU yang terbuat dari sutera halus dan sutera tebal (yang berketat), serta mereka dihiasi dengan gelang-gelang tangan dari perak dan mereka diberi minum oleh Tuhan mereka dengan sejenis minuman (yang lain) yang bersih suci.”

Dipetik dari beberapa ayat Al-Quran yang meletakkan warna hijau pada satu tempat yang mulia dan dipandang indah oleh Allah SWT. Warna hijau merupakan simbol kesejukan dan simbol tumbuh-tumbuhan. Anas bin Malik mengatakan, “warna yang paling disukai oleh Rasulullah SAW adalah warna hijau.” Kubah Masjid Nabawi sendiri berwarna hijau. Warna hijau juga mampu menjadikan pandangan mata nyaman.

Nah itulah sekilas penjelasan terkait makna warna dalam ajaran islam.

Leave a Comment