Manfaat dan Hukum Qurban Saat Idul Adha

Hari raya idul adha merupakan hari perayaan yang selalu diperingati oleh umat muslim setiap tanggal 10 dzulhijjah. Dalam perayaan hari raya idul adha, umat muslim akan melakukan shalat secara berjamaah yang juga nantinya disertai dengan acara qurban yang biasanya dilakukan selepas shalat.

Qurban sendiri merupakan acara penyembelihan hewan hewan ternak yang akan dilakukan oleh beberapa umat muslim yang mampu. Mampu dalam arti mampu menafkahi diri sendiri dan tanggung jawab mereka masing masing dan memiliki kemampuan dalam membeli hewan qurban.

Hewan qurban yang dipilih sebagai hewan qurban dapat diukur dari tingkat dan kemampuan bagi oang yang akan ber qurban. Jika orang yang ingi ber qurban mampu membei seekor sapi maka dianjurkan untuk qurban sapi, namun jika orang tersebut tidak mampu membeli sapi maka dianjurkan untuk qurban kambing namun jika tidak mampu membeli kambing, boleh digantikan dengan domba dan begitu seterusnya. Namun bagaimana jika tidak mampu membeli hewan untuk diqurbankan.?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa orang yag melakukan qurban merupakan orang orang yang mampu saja. Jika saat ini anda belum mampu maka anda boleh melakukannya di hari raya selanjutnya dengan catatan anda sudah mampu melakukannya dan hukum dari melakukan qurban adalah hukum qurban sunnah muakkad.

Melakukan qurban sendiri tentunya ada manfaatnya dan berikut beberapa manfaat dari melakukan ibadah qurban.

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Pada dasarnya qurban berasal dari kata Qurb atau Qurban yang berarti ‘dekat’. Sedangkan penulisan qurban dengan imbuan alif dan nun bermakna ‘kesempurnaan’. Sehingga qurban diartkan sebagai ‘kedekatan yang sempurna’. Atau dengan kata lain menyembelih hewan atau qurban sebagai bentuk melaksanakan perinta Allah yang sekaligus mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

  1. Menyadarkan bahwa segala sesuatunya akan kembali kepada Allah SWT

Kembali ke kisah Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anak kesayangannya yaitu Ismail untuk disembelih karena perintah dari Allah SWT. Hal tersebut mengajarkan kita sebagai umat muslim utnuk slelau mengingat bahwa apa yang kita miliki saat ini mulai dari kecantikan, harta, kesenangan dan segalanya merupakan titipan dari Allah SWT yang nantinya semua akan kebali kepadanya.

  1. Mensucikan diri dan harta benda

Ibadah qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Qurban tidak hanya sebagai momen berbagi namun juga sebagai bentuk mensucikan diri dan harta benda.

  1. Menghapus Dosa

Menurut HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban, tetesan darah hewan yang dikurbankan merupakan penebus dan pengampun dosa-dosa orang yang berkurban pada masa lalu. “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu”. (HR. Al Bazaar dan Ibnu Hibban).

Itulah manfaat dari melakukan ibadah qurban dan jadikanlah hari raya qurban tahun ini menjadi hari raya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan sebagai tanda bersyukur atas segala rahmat yang diberikannya.

Leave a Comment