MasyaAllah, Berikut 4 Nilai Sosial Dalam Ibadah Kurban!

MasyaAllah, Berikut 4 Nilai Sosial dalam Ibadah Kurban! Kata kurban berasal dari Bahasa Arab, yakni Qariba yang berarti dekat atau mendekatkan. Sementara secara harfiah, kurban memiliki arti hewan sembelihan. Adapun beberapa jenis hewan ternak yang dianjurkan untuk dijadikan sebagai hewan Qurban seperti Kambing, domba, sapi, dan unta.

Melakukan ibadah Qurban merupakan salah satu upaya yang dilakukan umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT seperti apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS.

Menyembelih hewan kurban hukumnya adalah sunah muakkad, yaitu sunah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Namun, apabila merasa belum mampu kita tidak dianjurkan untuk memaksakan diri, sebab dalam ibadah Qurban diharuskan kita berada dalam kondisi yang merdeka dan tidak tertekan oleh unsur apapun untuk melakukannya.Hal tersebut sesuai QS. Al-Hajj ayat 34 yang berbunyi:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan menyembelih kurban, supaya mereka menyebut nama Allah SWT terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah SWT kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh kepada Allah.”

Nilai Sosial dalam Ibadah Kurban

Selain sebagai bentuk ibadah, melaksanakan ibadah Qurban juga memiliki nilai sosial yang akan memberian manfaat antar sesama manusia. Berikut ini ada beberapa manfaat dan keutamaan melaksanakan ibadah Qurban baik secara agama dan sosial.

Memupuk rasa peduli sesama

Memupuk rasa peduli sesama merupakan manfaat pertama yang akan anda dapatkan saat melaksanakan ibadah Qurban. Dengan adanya perayaan Qurban berarti kita telah membantu dan berbagi kepada saudara kita yang merasa kurang mampu sehingga mereka dapat menikmati nikmatnya memakan daging Qurban yang mungkin saja jarang sekali mereka rasakan.

Mempererat silaturahmi

Dalam merayakan ibadah Qurban, kita dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama. Melalui perayaan ibadah Qurban antara pelaksana dan penerimanya akan mempererat tali silahrutahmi yang mungkin saja sudah lama menjadi renggang. Begitu pula dengan seluruh orang atau masyarakat yang saling berkumpul di tempat penyembelihan hewan kurban.

Mencukupi kebutuhan gizi kaum kecil

Seperti yang diketahui, di dalam daging terkandung gizi yang dibutuhkan dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan fungsi dari salah satu organ di dalam tubuh. Adanya pelaksanaan Qurban dapat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan gizi dari masyarakat kecil atau masyarakat yang kurang mampu yang mungkin saja cukup jarang menyantap daging. Oleh karena itu, hari raya qurban menjadi salah satu kesempatan bagi masyarakat dari kalangan bawah untuk memperbaiki asupan gizi, terutama yang berasal dari daging sapi dan kambing.

Memakmurkan masjid

Kebanyakan ibadah Qurban dilakukan di Masjid. Dengan begitu perayaan hari Qurban dapat memakmurkan masjid. Memakmurkan masjid adalah salah satu perintah yang perlu dilakukan umat islam. Masjid akan tetap dimakmurkan setiap waktunya, karena banyak orang yang melakukan ibadah mulai dari shalat ied bersama hingga proses penyembelihan.

Keutamaan Ibadah Qurban Untuk Diri Sendiri

Sebagai bagian dari ibadah, tentu kita sebagai pelaksana ibadah akan memperoleh manfaat. Ada beberpaa keutamaan bagi umat muslim yang melaksanakan ibadah Qurban yaitu seperti

  1. Menambah rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT
  2. Ciri seorang Muslim
  3. Meneladani Nabi Ibrahim AS.
  4. Bekal di hari akhir
  5. Mendapatkan ampunan
  6. Mensucikan harta dan jiwa
  7. Kemudahan di hari akhir
  8. Hidup menjadi lebih berkah

Itulah beberapa manfaat dari perayaan hari raya Qurban. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Leave a Comment