Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips Ini

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips Ini

Perayaan hari raya Qurban identik dengan hidangan serba daging. Di indonesia, sapi adalah hewan ternak yang kerap kali dijadikan sebagai hewan Qurban, sehingga tidak heran jika menjelang hari raya Qurban, daging sapi menjadi olahan andalan bagi masyarakat.

Steak sapi merupakan salah satu olahan daging sapi yang kerap kali menjadi menu saat perayaan Qurban. Membuat steak sapi terbilang gampang gampang susah. Dalam membuat steak, setidaknya anda harus tahu bagaimana mengolah daging sapi agar menjadi empuk, sehingga nyaman untuk dimakan.

Nah jika anda merasa bingung dalam mengolah daging sapi menjadi steak, berikut ini ada beberapa tips dari kami.

Langkah pertama dalam mengolah daging sapi adalah melumuri daging sapi dengan bumbu, setelah daging dilumuri, diamkan kurang lebih 30 menit sampai bumbu dapat meresap dengan baik, baik di sisi depan maupun di sisi belakang. 

Setelah bumbu meresap dengan baik pada daging, maka selanjutnya anda perlu menyiapkan pemanggang. Untuk memanggang steak, sebaiknya anda menggunakan pemanggang khusus untuk steak, namun jika anda tidak memiliki pemanggang, maka anda bisa menggunakan pan atau wajan sebagai penggantinya. Agar wajan tidak lengket, pastikan bahwa anda melumurinya dengan menggunakan mentega.

Untuk proses memasak,mungkin anda bisa menggunakan resep steak berikut ini.

  1. Beef Steak Spesial

Beef Steak adalah resep steak yang paling umum dan sering dibuat oleh banyak orang. Resep dari Beef Steak sendiri terbilang cukup mudah. Seperti apa resepnya.? Simak di bawah ini.

Bahan-bahan:

200 gr daging sapi

Baby potatoes

Wortel

Buncis

Butter untuk memanggang

Bahan untuk marinasi:

3 sdm minyak goreng

2 sdt kecap asin

3 sdm saus tiram

1/4 sdt soda kue

Garam merica secukupnya

Taburan thyme secukupnya

 

Bahan saus steak:

1/2 buah bawang bombay, cincang

2 sdm kecap manis (atau sesuai selera)

1 gelas air

2 sdm saus tomat

1 sdt saus inggris

1 sdm tepung maizena

2 sdm gula palem

Garam merica secukupnya

Jamur shitake

Sedikit butter untuk menumis

Cara membuat:

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses awal dalam memasak steak adalah dengan melumuri daging menggunakan bumbu marinasi hingga merata. Pastikan semua permukaan pada daging terbalur bumbu hingga benar benar merata. Setelah dibumbui maka diamkan kurang lebih 30 menit.

Sementara menunggu bumbu meresap, anda bisa sambil memasak saus dan merebus sayur lengkap.

Untuk pembuatan saus, anda bisa memulainya dengan menumis bawang bombay dengan sedikit butter. Tumis hingga mengeluarkan bau harum. Setelah tumisan bawang tercium, masukkan semua campuran bahan sauce kecuali maizena, aduk rata, masukkan jamur yang sudah dipotong-potong, tambahkan garam merica secukupnya, koreksi rasa dan masak hingga mendidih, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, masak hingga mengental.

Panaskan wajan anti lengket dan berikan sedikit butter, panggang daging yang sudah di marinate, sebisa mungkin jangan di bolak balik, cukup satu kali balik aja, boleh sambil ditambahkan olesan sisa bumbu marinasi, panggang sampai tingkat kematangan yang diinginkan.

Langkah terakhir, siram daging yang sudah matang dengan saus sebelum daging akan dihidangkan.

  1. Steak with Smoked Cheese Sauce

Jika anda merupakan penikmat keju, Steak with Smoked Cheese Sauce merupakan resep steak yang wajib anda coba. Dalam proses pembuatan steak ini berbeda dengan resep steak yang lainnya, sebab saus yang digunakan nantinya adalah keju. Jika anda penasaran, langsung saja menuju ke resep dan proses pembuatannya.

Bahan steak:

750 gr has dalam

1 sdt bawang putih haluskan

1 sdt lada hitam geprak

1 sdt kaldu jamur bubuk

1/2 sdt kaldu sapi bubuk

1 sdm kecap asin

2 sdm kecap inggris

3 sdm mentega tawar leleh

Bahan saus:

2 sdm mentega tawar

2 siung bawang putih cincang

150 gr jamur segar champignon iris tipis

1/2 sdm terigu

300 ml susu cair

7 lembar keju asap potong-potong

1/2 st kaldu bubuk sapi

1 st lada hitam geprak

100 ml krim masak

Bahan Pelengkap:

Tumis wortel, buncis dan jagung

French fries

Proses Pembuatan

Pengolahan steak

Campurkan dan aduk semua bumbu dan sisihkan, Potong daging menjadi 4 bagian dan lumuri daging dengan bumbu dan kemudian masukan ke dalam kulkas dan diamkan kurang lebih 3 jam.

Setelah menunggu 3 jam, anda bisa melanjutkannya dengan proses selanjutnya yaitu dengan memanggang daging masing masing 4 menit saja. Saat proses pemanggangan, anda bisa oelsi sisa bumbu pada daging agar daging tidak kering.

Pembuatan saus

Langkah awal saat proses pembuatan saus, anda bisa tumis bawang putih dengan mentega. Tumis hingga mengeluarkan aroma harum dan kemudian tambahkan jamur dan tumis hingga layu.

Masukkan tepung terigu, aduk rata, tuang susu cair sedikit-sedikit, aduk sampai licin, masukkan keju asap, kaldu bubuk dan lada hitam, aduk sampai keju larut, masukkan krim masak, aduk rata sampai mendidih, angkat.

Sajikan steak dengan saus dan pelengkapnya.

Leave a Comment