Membuat Teriyaki Dari Daging Qurban dengan Berbagai Resep

Membuat Teriyaki Dari Daging Qurban dengan Berbagai Resep

Saat merayakan hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban, masyarakat biasanya akan berlomba lomba menyajikan masakan khas daging mulai sate, soto, bakso hingga olahan daging kekinian kerap kali menjadi andalan masyarakat saat perayaan hari raya Qurban. Salah satu olahan daging kekinian yang cukup banyak digemari adalah teriyaki.

Asal mula olahan daging Teriyaki ini muncul di negeri sakura atau negara jepang sekitar pada abad ke 17 ketika imigran Hawai mengunjungi Jepang. Nama teriyaki punya arti yang unik. Teri artinya bersinar dan Yaki artinya dipanggang atau dibakar. Nama ini diberikan karena makanan yang diolah dengan teknik teriyaki akan tampak bersinar karena karamelisasi dari gula yang dikandungnya.

Di indonesia, olahan masakan teriyaki sudah cukup populer saat ini, yang bahkan beberapa restoran menyajikan teriyaki sebagai salah satu menu masakannya. Jika anda tertarik ingin mencoba memasak teriyaki di hari raya Qurban berikut beberapa resepnya

Resep Teriyaki

Setiap orang memiliki selera lidah yang berbeda beda, maka dari itu, berikut ini kami akan berbagi beberapa resep teriyaki yang mungkin dapat dipilih berdasarkan selera lidah masing masing.

Teriyaki Daging Sapi Simpel

Bagi anda yang mungkin tidak ingin terlalu ribet ketika mengolah daging, mungkin anda bisa memasak Teriyaki daging sapi simpel. Untuk jelasnya berikut resep dan cara buatnya.

Bahan Utama

250 gr daging sapi

1/2 bawang bombay besar

2 siung bawang putih, cincang halus

1 sachet saori teriyaki

1 sachet saori saus tiram

2 sdm blueband serbaguna

Secukupnya air

Langkah

Untuk langkah dan proses masaknya anda bisa memulainya dengan cara mengiris daging menjadi tipis. Jika daging sudah diiris maka sisihkan.

Panaskan wajan dengan menggunakan 2 sdm blueband, yang kemudian masukan bawang bombay yang sudah diiris dan bawang putih. Tumis kedua bahan tersebut hingga mengeluarkan wangi dan kemudian tambahkan air secukupnya.

Tambahkan saus teriyaki dan saus tiram, kemudian aduk hingga merata. Silahkan tunggu hingga mendidih dan kemudian masukan daging dan masak hingga daging matang dan air sedikit meresap. Silahkan cicipi untuk memastikan apakah rasa sudah sesuai dengan selera masing masing. Jika terasa kurang, silahkan tambahkan penyedap.

Daging sapi teriyaki pedas

Untuk anda yang memiliki selera yang pedas pedas berikut resep teriyaki pedas.

Siapkan beberapa bahan seperti

250 g daging sapi yg sudah direbus

1 buah bawang bombay

2 siung bawang putih

sesuai selera Cabai setan

Sejumput garam

1 sdm kecap manis

3 sdm saus teriyaki

1 gelas air

3 sdm mentega/margarin

1/2 sdt lada

Cara membuatnya

Potong dadu setiap daging yang ingin dimasak dan kemudian lumuri dengan menggunakan perasan lemon dan kemudian tunggu hingga beberapa menit. Setelah itu rebus daging hingga menjadi empuk dan kemudian tiriskan. 

Panaskan wajan atau teflon dan tambahkan mentega, kemudian tumis bawang bombay, dan cabai hingga menjadi sedikit tampak layu.

Masukan daging yang sudah direbus sebelumnya ke dalam tumisan dan tambahkan garam, kecap, lada dan saus.

Aduk hingga rata. Kemudian tambahkan air. Tunggu sampai air menyusut. Matikan kompor. Angkat dan siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba

Daging sapi kecap teriyaki

Jika anda lebih suka dengan masakan yang menggunakan kecap, teriyaki juga bisa menjadi olahan masakan yang sesuai dengan selera anda. Untuk resep dan cara pembuatannya, simak sebagai berikut.

Bahan-bahan

1/4 daging sapi potong dadu kecil

3 buah bawang merah

1 buah bawang putih

1 lembar daun salam

Secukupnya kecap teriyaki

Secukupnya kecap manis

Secukupnya garam

Secukupnya penyedap rasa

Langkah dasar pembuatan

Potong daging menjadi dadu kecil dan kemudian dicuci dan sisihkan.

Sementara itu, anda bisa menyiapkan bumbu bumbu lalu mengiris bawang merah dan bawang putih dan kemudian tumis hingga mengeluarkan wangi dan tambahkan daun salam, bumbu serta bahan bahan lainnya.

Masukan daging kemudian tutup wajan dan biarkan beberapa menit sampai daging masak dan menjadi empuk. Sambil menunggu, anda bisa mencoba untuk mencicipinya, untuk memastikan bahwa rasa teriyaki sudah sesuai selera anda atau belum, jika sudah angkat dan sajikan.

Leave a Comment