Memilih Hewan Qurban di Era New Normal

Memilih Hewan Qurban di Era New Normal

Idul adha tahun ini masih sama dengan idul adha pada tahun sebelumnya yang dimana masyarakat masih diresahkan oleh maraknya penyebaran virus covid 19 dan hal tersebut tentunya sangat mengganggu dan membatasi aktivitas masyarakat dan terutama dalam merayakan hari raya idul adha.

Melakukan qurban pada hari raya idul adha merupakan salah satu bentuk ketaatan umat muslim terhadap Allah SWT. Dalam proses qurban biasanya masyarakat akan berkumpul beramai ramai dalam satu tempat baik sebagai panitia maupun sebagai orang orang yang akan menerima daging qurban.

Berkumpul pada satu tempat secara ramai ramai tentu saja dapat mengkhawatirkan mengingat adanya virus covid 19 yang bisa menyerang siapa saja yang terpapar virus. Lantas bagaimana agar kita dapat melakukan qurban namun tetap aman.? Berikut ini prosedur kurban saat masa new normal.

Prosedur kurban saat new normal

Dalam pencegahan penularan virus covid 19, seluruh masyarakat dianjurkan untuk selalu mematuhi protocol kesehatan yang berlaku. Para umat yang beragama tetap boleh melakukan ibadah asalkan memenuhi peraturan protokol kesehatan dan prosedur kurban saat masa new normal.

Seluruh aktivitas jual beli hewan qurban juga sebaiknya memenuhi protocol yaitu untuk selalu menggunakan masker saat hendak bertemu dengan penjual maupun pembeli hewan qurban. Usahakan di tempat tempat penjualan hewan qurban selalu mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun dan selalu mengecek suhu badan.

Untuk mengurangi resiko kontak secara fisik, selaku pembeli anda dapat melakukan pembayaran via transfer saja agar nantinya uang cash tidak menjadi perantara penularan virus covid 19.

Sementara untuk melakukan shalat ibadah idul adha dapat dilakukan khusus di zona hijau, dengan ketentuan membawa peralatan ibadah masing-masing, cek suhu tubuh, jaga jarak, menggunakan masker, tidak berjabat tangan dan pelukan, mempersingkat pelaksanaan ibadah, serta tidak mengajak lansia dan anak di bawah lima tahun.

Protokol kesehatan kurban saat pemotongan hewan 

Prosedur qurban di masa new normal lainnya yaitu ketika pemotongan hewan, masyarakat dihimbau untuk tidak berkerumunan dan menyaksikan proses pemotongan hewan secara langsung, namun jika mau tidak mau harus berada di tempat pemotongan karena suatu alasan maka wajib memenuhi protocol yang berlaku.

Untuk menghindari kerumunan saat berbagi daging hewan qurban, para petugas bisa mengantarkan daging satu persatu ke rumah penerima daging secara langsung agar warga warga yang menerimanya tidak perlu berkerumunan di lokasi pemotongan.

Untuk petugas yang hendak memotong hewan qurban, ada baiknya jika menggunakan alat keamanan kesehatan seperti face shield, masker, serta untuk selalu mencuci tangan dan setelah selesai melakukan proses pemotongan sebaiknya mandilah dengan bersih dan merendam baju yang digunakan saat proses pemotongan dengan menggunakan detergen.

Leave a Comment