Mencintai Lingkungan Menurut Konsep Islam

Mencintai Lingkungan Menurut Konsep Islam, Dalam Islam, Alam beserta isinya adalah ciptaan Allah SWT. Berbagai macam bentuk unsur dan elemen merupakan ciptaan Allah SWT yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan Manusia selama hidup di muka bumi yang sekaligus sebagai bukti atas kebesaran dari Allah SWT. Dalam kehidupan manusia di muka bumi pastinya saling membutuhkan satu sama lain dan saling berkolaborasi antar sesama makhluk hidup. Dengan kehadiran Islam, maka alam semesta akan terjaga karena tugas dari seorang muslim adalah sebagai kalifah di muka bumi.

Makna mencintai lingkungan dalam Islam

Sebagai khalifah di muka bumi, manusia diberikan tugas dan tanggung jawab untuk menjaga dan mengolah alam semesta serta kesejahteraan umat manusia, karena alam semesta diciptakan oleh Allah SWT untuk ditinggali oleh manusia. Sebagai seorang khalifah manusia kewajiban untuk memelihara kelestarian alam semesta.

Dalam Al – Qur’an surat Al – Qashash ayat 77 Allah SWT berfirman:

وَابْتَغِ فِيْمَآ اٰتٰىكَ اللّٰهُ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيْبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَاَحْسِنْ كَمَآ اَحْسَنَ اللّٰهُ اِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِى الْاَرْضِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِيْنَ

  1. Dan carilah (pahala) negeri akhirat dengan apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu, tetapi janganlah kamu lupakan bagianmu di dunia dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusakan.

Sebagai bentuk dalam mencintai alam semesta yang merupakan ciptaan Allah SWT yakni dengan cara melestarikan lingkungan, bukan karena program dari pemerintah melainkan tugas yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga penting halnya untuk menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan dan kelestarian dari alam semesta merupakan bentuk dari sebuah kebaikan karena seperti yang telah dijelaskan pada surat Al – Qashash ayat 77 bahwa kita dapat pencari pahala untuk bekal di akhirat nanti dengan cara cara berbuat kebaikan selama dimuka bumi baik dengan cara bersikap baik antar sesama dan menjaga kelestarian alam dengan cara tidak merusaknya.

Leave a Comment