Menjelang Tahun Baru, Yuk Buat Persiapan untuk Kurban

Menjelang Tahun Baru, Yuk Buat Persiapan untuk Kurban, Perayaan idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah pada kalender Islam, setiap perayaan Idul Adha umat muslim juga biasanya akan merayakan hari raya Qurban, yang dimana ditandai dengan menyembelih sejumlah hewan ternak. Di indonesia, hewan ternak yang biasanya dijadikan hewan Qurban terdiri dari sapi dan kambing. Harga beli dari hewan ternak kambing dan sapi tentu berbeda, maka dari itu, kita dianjurkan untuk memilih hewan Qurban yang sesuai dengan kemampuan masing masing. 

Menjelang pergantian tahun menandakan bahwa perayaan Idul Adha sebentar lagi, maka dari itulah sebaiknya mulai dari sekarang kita mempersiapkan diri untuk menunaikan Ibadah Qurban. Mengingat harga hewan ternak atau hewan Qurban memiliki harga yang cukup mahal, maka sebaiknya bagi anda yang ingin menunaikannya perayaan Qurban penting halnya untuk mengatur sistem keuangan anda.

Persiapan untuk Kurban

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengatur manajemen keuangan untuk keperluan Qurban. Berikut ini kami akan berbagi beberapa tips mempersiapkan anggaran untuk membeli hewan Qurban. 

1. Mencicil Setiap Bulan

Agar membeli hewan Qurban terasa lebih mudah, anda bisa mempersiapkan dananya sejak dini. Anda bisa mencicil atau menabung setiap bulannya. Jika harga kambing adalah Rp 2,4 juta, maka anda bisa menyisihkan Rp 200 ribu dari penghasilan anda setiap bulannya untuk ditabung. Dengan melakukan hal tersebut, bisa bisa menyiapkan dana untuk melaksanakan ibadah kurban setiap tahunnya.

2. Ikut Arisan Qurban

Cara lain untuk mengatur keuangan agar dapat berkurban adalah dengan cara ikut arisan Qurban. Saat ini sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang kerap kali mengadakan arisan Qurban yang dimana setiap tahun mendapat giliran untuk menunaikan ibadah Qurban.

Jika anda ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan bahwa anda memilih tempat yang tepat. Pastikan bahwa orang yang mengolah arisan dapat dipercaya.

Tips Memilih Hewan Kurban

Setelah persiapan dana sudah siap, maka selanjutnya anda penting untuk mengetahui cara memilih hewan Qurban yang baik yang sesuai dengan apa yang menjadi syarat hewan Qurban. Salah satunya yaitu 

  1. Dilihat dari hewan kurban urutan yang paling afdhol adalah unta, lalu sapi, kemudian kambing. Setiap hewan Qurban memiliki nilai beli yang berbeda beda, maka dari itu anda bisa memilih hewan yang sesuai dengan kemampuan anda masing masing. Yang utama dalam melaksanakan Ibadah Qurban adalah tidak dalam keadaan yang terpaksa atau terlilit utang.
  2. Hewan ternak sudah memenuhi syarat umur. Ketentuan setiap jenis hewan ternak yang boleh dikurbankan  berbeda-beda. Untuk kambing atau domba merupakan hewan yang berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun.
  3. Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti kurang nafsu makan, demam, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas. Ini menunjukkan bahwa daging yang akan disebarkan saat hari raya kurban, merupakan daging-daging dengan kualitas terbaik.
  4. Mengucapkan bismillah dan takbir saat menyembelih hewan kurban.
  5. Lebih utama orang yang berkurban adalah yang menyembelih menggunakan tangannya sendiri sebagai bentuk pendekatan diri pada Allah. Namun apabila tidak dapat dilakukan sendiri maka penyembelihan hewan dapat diwakili atau diserahkan kepada pihak pengolah hewan Qurban.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini dan semoga dapat bermanfaat dan membantu anda untuk memudahkan menunaikan ibadah Qurban di tahun yang akan datang. Amin.

Leave a Comment