Menu Buka Puasa Sehat Yang Bermanfaat Untuk Tubuh

Bulan suci ramadhan merupakan kesempatan yang paling baik untuk meningkatkan keimanan, dan memperbanyak ibadah-ibadah supaya mendapatkan pahala . karena di bulan ramadhan ini pahala yang biasanya sedikit akan dikalikan 10 kali . di bulan ramadhan yang paling ditunggu-tunggu adalah momen berbuka puasa yang dimana momen ini tidak ada selain di bulan ramadhan , karena di bulan ramadhan orang yang berbuka puasa semuanya bebarengan .   sebab puasa di bulan ramadhan  seluruh dunia melaksanakannya bagi orang muslim.

Di bulan puasa ini kita juga bukan hanya memperbaiki diri secara rohaniah saja, namun secara fisik pun bulan puasa merupakan waktu yang paling bagus dan tepat untuk mengawali program hidup sehat.sebab lewat puasa tubuh kita diistirahatkan dari proses makan dan minum hanya untuk sementara saja.

Dalam menjalankan ibadah puasa kita menahan lapar dan minum sekitar 12 sampai 14 jam lamanya , tentunya tubuh kita akan kehilangan energi, cairan, dan nutrisi yang kita butuhkan supaya setiap organ-organ pada tubuh bisa berfungsi dengan baik. Oleh karena itu perlunya asupan gizi  yang seimbang disaat berbuka puasa yang sangat diperlukan. Jadi kita bukan hanya membatalkan puasa sekedar membatalkan saja, tetapi disaat berbuka puasa untuk kesehatan dengan menu buka puasa yang sehat .

Tips  berbuka puasa yang sehat

Makanan yang baik untuk berbuka itu harus memiliki kriteria  seperti dibwah ini:

          Cepat memulihkan energi pada tubuh

          Cepat memulihkan cairan yang hilang selama berpuasa (menghidrasi)

          Tidak memberatkan pencernaan.

Untuk memenuhi kriteria berbuka yang sehat diatas maka berikut tips sehat yang bisa kalian terapkan disaat berbuka puasa:

  1.       Berbukalah dengan tiga biji kurma, khususnya untuk kalian yang menderita sakit kepala atau pusing yang disebabkan  kadar gula darah yang rendah selama menjalani ibadah puasa
  2.       Minum Air putih yang cukup, kalian bisa mengkonsumsi jus buah segar atau bisa juga yogurt sebelum mulai makan. Hal seperti ini bisa mencegah kalian dari dehidrasi dan tercukupi cairan penting pada tubuh kalian.
  3.       Mengkonsumsi buah-buahan atau salad, yang merupakan kaya akan mineral, vitamin dan juga serat. Makanan ini bisa membuat perasaan kenyang,  dan bisa membuat kalian untuk makan tidak berlebihan nantinya.
  4.       Mengkonsumsi Hidangan Utama, makanan utama  lebih baik jika kalian konsumsi setelah kalian melaksanakan ibadah sholat magrib. Saat mengkonsumsi hidangan utama makanlah dengan jumlah yang secukupnya atau sedang supaya kesehatan tetap terjaga. Perlu kalian perhatikan untuk hidangan utama kalian wajib yang mengandung sumber karbohidrat seperti nasi, kentang atau ubi, serta beberapa bentuk protein seperti daging sapi, ayam atau ikan, selain sayuran yang dimasak.
  5.       Menghindari permen  atau sejenisnya . sebab makanan ini kaya akan kandungan lemak , garam dan gula.

Berikut ini menu buka puasa sehat yang bermanfaat untuk tubuh .

Pecel

Pecel bisa juga disebut dengan salad ala indonesia  merupakan makanan daerah yang tentunya merakyat  sebab terbuat dari bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan dan juga diolah, pecel juga menjadi makanan favorit untuk semua kalangan. Pecel memiliki berbagai macam aneka sayuran yang disirami dengan bumbu kacang . jika ada pertanyaan kenapa pecel menjadi menu buka puasa yang sehat?   Berikut jawabannya

Bahan utama  pecel merupakan berbagai jenis sayuran yang tentunya kaya akan serat, nutri dan vitamin. Dan pecel juga bisa kalian konsumsi sebagai lauk untuk nasi dan juga lontong,  yang membuat kalian kenyang dan yang pasti kaya manfaat.  Perlu diperhatikan  supaya jangan membuat pecel yang terlalu pedas sebagai menu buka puasa yang sehat untuk kalian , kalau terlalu pedas nantinya akan berefek sakit perut nantinya.

Demikian menu buka puasa sehat yang bermanfaat untuk tubuh , semoga  bermanfaat.

Leave a Comment