Pengertian Keluarga Dalam Islam

Keluarga adalah sekumpulan masyarakat dalam lingkup yang kecil di dalam keluarga terdapat ayah,ibu,anak. Jika ketiga komponen tersebut terpenuhi itu sudah bisa di bilang satu keluarga.`di dalam keluarga kita pastinya akan selalu saling memahami, satu sama lain. Dan jika sudah satu keluarga secara tidak langsung hati fitrah seorang manusia akan selalu memiliki hati menyayangi. Keluarga tempat pendidikan anak yang paling utama, dalam mempelajari akhlak, agama, dan bermasyarakat.   

Keluarga dalam islam  memiliki  peranan yang paling penting . kita ketahui kalau di dalam keluarga  seseorang belajar untuk mengenal islam sejak dini. Dan keluarga di dalam islam  suatu bentuk rumah tangga yang dibentuk dari suatu pernikahan dimana antara seorang pria dan wanita yang dilaksanakan sesuai dengan syariat agama islam yang memenuhi Syarat pernikahan dan juga rukun nikah yang ada. Dalam pernikahan juga awal membangun rumah tangga islam dan keluarga sakinah , mawadah dan warahmah.  Disebutkan di dalam firman allah Subhanahu wata’ala sebagai berikut:

Artinya: “ Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya, ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu, benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (Qs.Ar-Ruum : 21)

 Seluruh umat muslim pastinya menginginkan keluarganya selalu harmonis yang dimana sesuai dengan ajaran agama  merupakan suatu kebanggaan. Agar keluarga selalu harmonis ada beberapa cara untuk menjaga keharmonisan dalam  rumah tangga tersebut . keluarga yang selalu dipenuhi kasih sayang , cinta dan ketentraman yang biasanya dikenal dengan keluarga yang sakinah,mawadah warahmah yang dibangun sesuai dengan nilai-nilai islam dan  tentunya semua di awal dengan pernikahan yang hanya selalu mengharapkan ridha nya Allah Subhanahu wa ta’ala   Allah Ta’ala berfirman di dalam al quran:

Artinya:  “Dan orang orang yang berkata : “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS Al Furqan : 74)

Di dalam islam keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran agama islam . karena setiap orang yang beragama muslim mayoritas berawal dari sebuah keluarga . bisa kita simpulkan kalau keluarga adalah tempat yang paling bagus untuk membangun pondasi  dalam mengajarkan agama kepada anak-anak melalui orang tua nya mereka masing-masing. Dan peran keluarga dalam islam sebagai berikut:

  1.   Mengajarkan ajaran agama islam

Seseorang yang beragama muslim yang melakukan pernikahan sesuai dengan tuntunan agama islam dan menjalankan dan membangun suatu rumah tangga  dengan ajaran islam  dan pastinya akan mengajarkan kepada anak-anaknya kelak.

Di dalam keluarga  seorang anak tentunya akan melihat  kebiasaan orang tua yang selalu menjalankan ibadah  shalat lima waktu, berpuasa, membaca al quran dan  yang lainnya.. dalam keluarga yang sakinah ,mawaddah dan warahmah pastinya akan selalu menanamkan iman dan bentuk ke anak-anaknya untuk menjadi seseorang yang memiliki kepribadian dengan akhlak dan budi pekerti yang baik juga, terutama n di dalam bergaul di masyarakat .  dalil nya disebutkan di dalam alquran:

Artinya :  “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (Qs Al isra : 23)

  1.   Menjaga dari siksa api neraka

Seorang muslim harus menjaga keluarganya dari perbuatan dosa dan juga siksa api neraka. allah Subhanahu wa ta’ala Berfirman:

Artinya : “ Hai orang-orang beriman ! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari (kemungkinan siksaan) api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya adalah para malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan  “ ( QS Al Tahrim : 6).

Begitulah penjelasan singkat tentang pengertian Keluarga dalam Islam semoga bermanfaat

Leave a Comment